Mata

Mata itu jendela hati. Kalimat itu aku dengar dari sebuah acara televisi. Diantara kunyahan kacang rebus, aku teringat peristiwa bertahun-tahun yang lalu. Saat menemani salah seorang teman untuk sebuah photo session.

Mbak, mata kamu itu punya potensi jahat, lho!”

Itu suara si perias dengan gesture yang lebih gemulai dari aku. Bengong, dong.

Maksudku, sorot mata mbak itu punya potensi jahat. Gitu..”

Sekarang aku menatap cermin. Jahat, ya? Masa, sih? Yang terlihat justru mata kurang tidur, karena memang itu kenyataannya. Saat itu.

Dia lalu menyeretku duduk di depan cermin. Dua orang sudah selesai di rias dan sedang berganti baju. Tiba-tiba tangannya sudah heboh mencorat-coret daerah sekitar mata. Dan tak lama kemudian…

Bengong. Lagi. Dia tidak banyak memberi tambahan. Tidak ada warna dan garis mencolok juga tegas. Tapi kenapa mataku berubah seram?

Nah, liat sendiri, kan?” dia berdiri dibelakangku. Speechless.

Maaf lho, mbak. Matanya udah dikerjain..” Dia nyengir. Aku juga.

Bisa dibilang justru seharusnya aku berterima kasih. Tidak pernah terlintas punya ‘potensi’ seperti ini. Serius. Aku sendiri sampai ngeri menatap cermin. Beruntunglah dia begitu baik hati, berbagi tips untuk tidak telihat ‘jahat’.

Smokey eyes? Big No No! Siang hari, nggak usah pake eye shadow. Kasih eye liner aja, tapi cuma di kelopak mata atas. Malem hari, bolehlah pake warna soft. Inget yah, eye liner cuma atas aja. Yang bawah nggak usah. Kalo ada kantung mata, dikasih concealer aja.”

Aku manggut-manggut.

Mbak, nggak pengin maen sinetron? Keren, lho. Kalo dapet peran antagonis, nggak usah banyak omong. Cuma maen mata aja..”

Eh? Nah lo!

Tinggalkan Balasan

