Berburu Tiket

Puasa masih seminggu lagi. Tapi didepanku, sudah ada seorang teman yang curhat tentang hebohnya berburu tiket mudik. Eh? Tiket mudik lebaran? Benar! Keputusan pemerintah yang memajukan tanggal pembelian tiket kereta untuk mudik lebaran, dari H-30 menjadi H-45, membuat para calon pemudik lebih awal mengatur jadwal. 

Kirain masih entaran, deket-deket puasa gitu. Kita kan jadi ribet, buru-buru atur jadwal. Padahal harus koordinasi sana-sini,” ceritanya sambil melap keringat dengan tisu.

Benar juga. Pengumumannya tiba-tiba. Paling tidak buatku. Padahal mudik itu butuh persiapan matang. Banyak yang harus dipikirkan. Apalagi untuk temanku yang satu ini. Suami isteri bekerja, plus seorang anak balita.

Bawa kendaraan pribadi, napa?” tanyaku.

Awalnya gitu. Tapi si mas cuma dapet cuti dua hari sebelum lebaran, plus sehari setelah lebaran kedua. Aku juga nggak bisa ninggalin kerjaan lama-lama. Bakal lebih repot naik kendaraan umum, pastinya. Tapi gimana lagi, kita pengin ngirit tenaga juga. Bapak bilang mo minjemin mobil buat kita kalo mau silaturahmi,” jelas business women satu ini.

Aku manggut-manggut. Dan dia pun mulai ramai bercerita tentang perburuan mereka mencari tiket mudik.

Kemaren pagi, si mas berangkat setengah enam ke stasiun. Antrian buka jam enam, kan? Dan ternyata, di depan loket pemesanan, udah ada orang yang ngantri, lho!”

Aku manggut-manggut.

Jam tujuh, setelah beres-beres dikit plus nganter ke playgroup, aku langsung ke stasiun. Gantiin si mas antri. Dia kan musti ngantor. Kalo aku kan fleksibel.”

Aku manggut-manggut lagi. Ini lho yang namanya perjuangan.

Lusa ngantri lagi buat cari tiket balik. Moga-moga online. Soalnya kemaren ada yang beli buat balik nggak bisa, gara-gara nggak online.”

Bagaimanapun repotnya, yang namanya mudik untuk silaturahmi dengan keluarga besar wajib hukumnya. Sedangkan saya? Ongkang-ongkang kaki. Begini kalau ‘jatuh tua’. Bukan repot mudik, tapi ribet kedatangan tamu dari mana-mana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s