That’s My Mom

Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang ini sekitar lima tahun lalu di salah satu blog saya yang almarhum sekarang. Tapi sepertinya, kalau saya ceritakan lagi masih up to date

Suatu hari, saya dan ibu duduk manis sembari menonton televisi. Dan berhentilah kegiatan pencet tombol remote pada salah satu stasiun televisi yang menyiarkan infotainment. Bukan acara favorit kami, sebenarnya. Hanya topik yang diangkat saat itu cukup menarik perhatian. Tentang Hari Ibu.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia gimana, Dik?”

Ibu tiba-tiba membuyarkan konsentrasiku.

Kongres Perempuan, kan? Yang di Jogja itu? Tapi lupa tahunnya.”

Saya menjawab dengan cengiran. Sejarah bukan ranah saya. Bisa dapat nilai tujuh saja sudah bikin saya sujud syukur.

Berarti Hari Ibu di Indonesia sebenarnya Hari Perempuan kan? Woman’s day, bukan Mother’s day seperti di luar negeri”

Ibu kumat rewelnya kalau ada penjungkirbalikan sejarah. Beliau pernah mengalami bagaimana dijajah Belanda, ketemu Jepang, head to head dengan sekutu, belum lagi pemberontakan dalam negeri.

Layar televisi menampakkan seorang selebriti wanita yang sedang ‘menodong’ anak-anaknya, apa yang akan mereka berikan padanya saat hari ibu? Anak-anak yang masih usia SD itu hanya senyum-senyum. Senyum yang saya kenal. Senyum ‘Apaan, sih? Ginian kok musti ditanyain’. Hehehe🙂

Entah kenapa selebriti wanita itu keukeuh mendesak anak-anaknya, dan berakhir dengan kaburnya anak-anak itu keluar rumah.

Tiba-tiba saya dan ibu saling memandang. Jenis tatapan yang sama. Tatapan ‘WTH?’. Beliau tahu saya. Saya juga tahu ibu.

Tiba-tiba saja ibu buka suara.

Dik, kalo tiba-tiba Ibu jadi nodong minta dikasih sesuatu kayak artis tadi, tolong Ibu diingatkan, yah.”

Kenapa?”

Itu berarti Ibu udah nggak ikhlas. Dan itu nggak bener.”

And that’s my mom🙂

2 thoughts on “That’s My Mom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s