Soto Koya

Suatu hari Minggu. Soto ayam dengan taburan koya, di atas meja.

“Gimana?”

Dia menyapu bibir dengan tisu.

“Uenak.”

Ada senyum tulus dibibirnya. Juga diwajahku. Senang.

*

Hari Minggu dua minggu kemudian. Soto daging dengan taburan koya, di atas meja.

“Gimana?”

Dia menangkupkan sendok garpu di atas mangkuk kosong.

“Sedaaaap..!”

Bergaya bintang iklan dengan wajah sumringah. Juga wajahku.

*

Masih di hari Minggu sepuluh hari setelahnya. Soto jerohan plus taburan koya, di atas meja.

“Gimana?”

Dia manggut-manggut dengan mulut masih mengunyah.

“Sip! Top deh!”

Dua ibu jarinya ditujukan buatku. Aku nyengir.

*

Hari Minggu, entah yang ke berapa. Kali ini soto ayam dengan telur muda. Masih dengan taburan koya, tersaji di atas meja.

“Gimana?”

Dia berkedip-kedip kearahku.

“Mak nyuuusss…”

Pasang gaya pak Bondan. Tapi kali ini aku mengernyit.

“Curiga, deh. Sebenernya penilaianmu obyektif apa nggak, sih?”

Dia berhenti makan.

“Sayang..kamu masak ini buat aku, kan?”

Aku mengangguk.

“Istri yang masak buat suami, nggak cuma pake wajan, panci, bahan dan bumbu, tapi juga pake cinta. Pake hati.”

Aku diam. Bengong.

“Apapun yang di buat pake hati, nyampenya juga ke hati. Gitu juga soto koyamu ini. Kamu bikinnya ikhlas, kan? Makanya, rasanya jadi enak banget.”

Dia kembali mengunyah. Aku masih speechless. Tapi senyum mengembang diwajahku.

“Tapi kamu tahu dong, kalo lidahku nggak kenal kata ‘nggak enak’? Yang ada cuma ‘enak’ dan ‘enak banget’?”

Senyumku hilang.

“Aku juga lagi ngumpulin kosakata yang searti dengan lezat. Ada banyak ternyata….’

Mangkuknya tandas. Dan wajahku terasa sedatar meja.

8 thoughts on “Soto Koya

  1. Ping-balik: Soto Koya [Versi Wahyu] | 15 Hari Menulis Flash Fiction

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s