Teh Tarik

Suara benda jatuh terdengar saat aku sedang bertransaksi dengan tukang roti yang lewat di depan rumah. Kenapa lagi dia?

Kudapati dia sedang jongkok di lantai dapur, membersihkan sesuatu yang tercecer. Tidak hanya di lantai, tapi juga di meja.

“Bikin apaan?”

“Teh tarik.” Dia nyengir.

Dan terjawablah semua pemandangan kacau di kawasan dapur.

“Ternyata susah yah…”

Ganti aku yang nyengir.

“Bukannya gampang? Kan tinggal bikin teh, terus di tambahin susu kental manis.”

“Eits, siapa bilang?”

“Trus gimana?”

“Pertama kita harus bikin teh yang kental. Sangat. Jadi harus pake teh tubruk, klo pake teh kantong, nggak bisa kental maksimal.”

“Terus?”

“Baru deh ditambahin susu kental manis. Ini yang susah. Sesuai selera. Tapi sebisa mungkin rasa tehnya nanti setelah jadi harus tetap terasa. Kalo susu kebanyakan, jadi terlalu manis. Kalo kurang jadinya juga nggak enak. Jadinya trial error, sampai nemu yang pas.”

“Abis itu?”

Baru deh ‘ditarik. Momentum sama iramanya musti pas juga. Kalo nggak berceceran kayak tadi deh, hehehe… Kepake juga ilmu fisikaku.”

Tak lama dia kembali ambil ancang-ancang untuk ‘menarik’ tehnya. Dua gelas plastik besar ada di kedua tangan. Aku menyingkir jauh darinya.

Dan atraksi pun dimulai. Masih sempat tercecer sedikit disana sini. Tapi begitu dapat irama, momentumnya jadi pas. Dan teh susu yang dituang dari satu gelas ke gelas lain, terlihat seperti ‘ditarik’. Keren.

Selesai. Dia menuang teh tariknya ke gelas saji. Busa lembut ada dipermukaannya. Menggoda.

“Jangan lupa.”

“Apa?”

“Dapurnya dibersihin…”

Dia berlalu membawa teh tarik. Tinggal aku yang bengong lalu bersungut-sungut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s