Nasi Goreng Ikan Asin

“Aku males ngapa-ngapain.”

“Ya udah.”

Aku kembali melingkar dalam selimut. Sungguh, PMS kali ini berhasil menjajahku lahir batin.

Beberapa saat kemudian, terdengar bunyi-bunyian dari arah dapur. Ah, dia pasti sedang buat sesuatu. Aku cuma senyum-senyum. Bikin apa kali ini? Seberapa berantakan nantinya?

Beberapa saat, aku menyeret badan ke dapur. Mendudukkan pantat di kursi makan. Asap mengepul dari penggorengan. Bau ikan asin menguar.

“Bikin apa ini?” Aku mengendus-endus disebelahnya.

“Nasi goreng ikan asin.”

“Hah? Serius?”

“Serius, dong..” Dia nyengir.

Benar ternyata. Semua bahan sudah disiapkan. Nasi putih, bumbu-bumbu, ikan asin yang sudah digoreng, wortel dan kacang polong rebus, juga acar timun siap saji. Sangat tidak sabar menunggu matang.

“Masih lama, nggak?”

“Sabar…Udah, duduk aja di situ. Bentar juga matang.”

Aku beringsut ke ruang keluarga. Menekan tombol-tombol remote tv, mencari acara yang sekiranya bisa mengusir jengah. Sampai tiba-tiba dia muncul dengan piring di tangan.

“Nih…”

“Waaa…baunya…”

Dia mengambil sesendok. Meniup beberapa kali, agar sedikit lebih dingin. Lalu menyuapkannya padaku.

Uumm…Sedap. Seperti biasanya.

“Gimana?”

“Top deh!”

Dia nyengir lagi.

“Tumben bikin nasi goreng ikan asin?”

Dia menyuapkan sesendok untuk dirinya sendiri.

“Iya. Inget kita dapet oleh-oleh ikan asin jambal roti dari budhe kapan hari? Daripada dianggurin, mending bikin nasi goreng ikan asin.”

“Eh, tapi kok jambal rotinya nggak asin banget kayak biasanya?”

“Tadi, sebelum digoreng, aku rendam dulu di air panas, biar asinnya agak berkurang. Nggak usah terlalu lama, ntar malah ilang asinnya.”

Aku manggut-manggut. Dia kembali menyuapkan sesendok. Ditengah kunyahan, tiba-tiba aku mengigit sesuatu yang…entah apa ini? Tidak empuk, agak pahit.

“Kenapa?”

“Apa sih ini?”

Aku mengeluarkan sesuatu dari dalam mulut. Sesuatu berwarna hijau.

“Oh…itu. Aku tadi masukin beberapa pete…”

Dia masih cuek mengunyah. Sedang aku kalang kabut mencari air minum.

Tinggalkan Balasan

