Semanggi Suroboyo

Menunggu ibu penjual semanggi suroboyo itu beda tipis dengan menunggu jodoh. Kalo ditunggu, nggak datang-datang. Tapi kalo nggak ditunggu, tiba-tiba aja muncul.Bikin kaget.

Sore itu kami sudah duduk manis di teras, dengan dua piring bersih kosong menunggu ibu penjual semanggi suroboyo. Belajar sabar, judulnya.

Dan…dari jauh terdengar suara cempreng yang menjajakan dagangannya. Kami nyengir dengan kompaknya. Dan menunggu si ibu di depan pintu pagar.

Tadaaaa! Dua porsi semanggi suroboyo ditata cantik oleh penjualnya nggak lama kemudian. Waktunya makan!

Bisa dibilang porsinya nanggung. Makan seporsi, kurang. Tapi kalo makan dua porsi, kebanyakan. Jadi memang bisa dibilang semanggi suroboyo ini makanan cemilan. Cemilan sehat.

“Semanggi suroboyo ini bakal bertahan sampai kapan, yah?”

Aku mengangkat kepala.

“Maksudnya?”

“Yaa…secara, lahan buat tanam semanggi udah tambah sempit aja. Yang jual juga udah banyak yang alih profesi. Dan bikinnya juga relatif ribet. Dibanding pecel, misalnya. Semanggi ini kan daunnya imut. Untuk jadi seporsi butuh banyak banget daun semanggi.”

Aku manggut-manggut.

“Makanya, dinikmati yang bener. Belum tentu besok-besok kita masih bisa makan semanggi suroboyo. Langka sih!”

“Lucu yah?”

“Apanya?”

“Yaa..kalo kita udah tau bakal kehilangan, ato seenggaknya ada kemungkinan kearah itu, jatuhnya jadi mellow.”

Dia menatap piringnya yang sudah kosong. Aku masih sibuk dengan piringku. Entah kenapa tiba-tiba tangan kanannya meraih jari-jariku diatas meja. Aku menghentikan kegiatan mengunyah. Sorot matanya jadi aneh. Eh, ada apa ini? Kenapa dia? Tiba-tiba jadi sok romantis begini?

What?

“Ummm…”

“Apa?”

“Kamu mau nggak?”

“Apaan?”

Dia diam lama. Masih menggenggam jemariku. Masih menatap mataku.

“Apa?”

“Nanti kamu yang cuci piring yah…”

“…..”

 

 

Buat @chistpramudia🙂

 

2 thoughts on “Semanggi Suroboyo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s