Ikan Bakar

Bersyukurlah jika apa yang kita rencanakan ternyata dikabulkan Tuhan. Kami minta hujan hari ini. Dan…tadaaa. Hujan turun dengan manisnya. Dengan angin yang berhembus sejuk.
Kenapa kami minta hujan? Karena kami akan bakar ikan. Eh? Apa hubungannya? Kami mau bakar ikan di teras belakang. Bukan mau sok romantis. Tapi kalo bakar ikan waktu hujan, bikin makan tambah lahap dan…banyak🙂
Semua sudah siap. Pemanggangan, kipas, bahkan ikan gurami yang sudah dibumbui tertata rapi dalam jepitannya. Pertunjukan dimulai.
Kipas sana sini sampai arang membara sesuai keinginan. Ikan gurami dalam jepitan dibolak-balik diatasnya.
“Katanya kalo terlalu sering makan makanan yang dibakar nggak bagus, yah?”
“Iya. Bisa bikin kanker.”
“Gimana ceritanya?”
“Gini. Kita kalo bikin makanan yang dibakar kan sering sampai deep fry. Ada gosong-gosongnya gitu, kan?”
“He eh.”
“Gosong yang ada dipermukaan makanan itu mengandung atom karbon. Nah…atom karbon ini kalo dalam jumlah banyak, bisa memicu timbulnya kanker. Atau kerennya bersifat karsiogenik.”
Aku manggut-manggut. Dia membolak-balik ikan.
“Tapi nggak cuma makanan yang dibakar, lho. Berlaku juga makanan yang dipanggang dan diasapkan. Tapi selama kita nggak terlalu sering mengkonsumsi, aman-aman aja.”
Dua porsi ikan bakar siap. Senyum mengembang. Alamat bakal kekenyangan. Tapi, ketika dibawa masuk ke dalam rumah, tiba-tiba dia balik ke teras belakang. Aku yang sedang membereskan peralatan bengong.
“Ada apa?”
“Rumah kita kebakaran.”
“Hah?!”
“Perhitungannya salah. Angin dari hujan kebesaran. Jadi asap bakaran ikannya masuk semua. Penuh asap, deh.”
“Terus?”
“Makan disini aja.”
“Nasi sama sambal terasinya? Kan masih didalam? Katanya mau makan sambil nonton film…””
“Aaaaaa! Aku udah lapar…”
“…..”

2 thoughts on “Ikan Bakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s