Gudeg

Orang bilang nggak afdol pergi ke Jogja kalo nggak makan gudeg. Walhasil, jadilah kami ada disini. Lesehan di salah satu penjual nasi gudeg di malioboro.

“Semacam guilty pleasure…”

“Apanya?”

“Gudeg ini…”

“Maksudnya?”

Gudeg itu enaknya juara banget. Nagih pula. Kalo belum kenyang, rasanya nggak bisa stop. Tapi kalo dipikir, gudeg ini menyesatkan lho. Overcooked. Masaknya lama. Nggak yakin deh segala gizi, vitamin, mineral atau apapun yang tadinya ada masih stay apa nggak. Belum lagi torehan santan kental diatasnya. Wuiiih! Bener-bener guilty pleasure deh..”

Aku melirik. Mulai deh. Mister gizi ini ngomel ngalor ngidul, sampai dilirik pembeli yang lain. Untung ibu penjual gudeg nggak denger.

“Kalo udah tau gitu, kenapa masih makan gudeg? Mana nambah lagi.”

“Ya itu tadi. Pertama, karena kita lagi di Jogja. Kedua, ketagihan. Wasalam deh sama yang sehat-sehat.”

Serius. Aku malu. Pengin rasanya bisa menghilang tiba-tiba. Pembeli lain tak lagi melirik, tapi menoleh. Entah kenapa, dia cuek. Tetap takzim dengan piringnya.

“Semacam munafik gitu?”

“Apanya?”

“Ya kamu. Ngomong gudeg nggak sehat tapi tetep minta tambah.”

Bukannya marah, dia malah tertawa.

“Makanya aku bilang guilty pleasure. Mumpung di Jogja, kan? Ntar kalo udah balik ke rumah, mulai lagi menyiksa diri hehehe…”

Aku mencibir. Kembali menekuni piring ketika dia berteriak pada penjual gudeg.

“Bu, nasi gudegnya tambah lagi. Satu. Sama dibungkuskan. Dua porsi.”

Aku berjenggit.

“Eh, nambah lagi?”

Dia nyengir.

“Terus, bungkus dua porsi buat apa?”

“Kali aja ntar malem laper.”

“Kok dua?”

“Kali aja lapernya banget-banget.”

“……”

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s