Nasi Putih

Dia berdiri di depan pintu dengan membawa kotak besar dibungkus kertas sampul cokelat.

Door prize fun bike.”

Wuihh..tumben dapet door prize. Seumur-umur ikut acara atau lomba, sepertinya belum pernah sekalipun dapat hadiah. Tak sabar ingin tahu apa isinya.

“Heh! Rice cooker!”

Kami cek sekali lagi. Benar, rice cooker. Bukan rice warmer, apalagi magic com. Kami menatapnya sambil duduk.

“Bukannya nggak bersyukur. Tapi rice cooker…”

Ya. Di rumah, kami menggunakan magic com. Multi fungsi. Tak cuma untuk menanak nasi, tapi juga menghangatkan, mengukus, memasak kue, sop, dan lain-lain. Sedang rice cooker hanya untuk masak nasi. Jadi…

“Bukannya mau sombong. Tapi rice cooker buat apa coba?”

“Tau nggak? Kenapa orang jaman dulu jarang yang kena diabetes?”

“Makanannya nggak aneh-aneh?”

“Salah satunya.”

“Terus?”

“Mereka masak nasi pake kukusan.”

“Eh?”

“Iya. Dulu kan belum ada rice cooker atau magic com. Adanya cuma kukusan atau dandang. Ternyata itu cara masak nasi yang paling sehat.”

“Oh ya?”

“Kalo kita masak nasi pake kukusan, kandungan gula yang tinggi dalam nasi berkurang bersama uap air dan luruh kembali ke dasar kukusan. Tapi kalo kita masak nasi pake rice cooker atau magic com, kadar gula dalam nasi yang tadinya sudah menguap, kembali lagi ke nasi yang kita masak. Gara-gara itu uap nggak kemana-mana. Disitu aja.”

“Bukannya di magic com ada tempat penyaluran uap air ke luar?”

“Tapi seberapa banyak? Sedikit kan? Beda kalo kita pake kukusan.”

“Terus gimana dong? Apa kita balik pake kukusan lagi?”

“Kamu mau ribet pake kukusan? Aku sih males. Mending jaga pola makan aja. Nggak berlebihan. Kalo perlu makan nasi dari beras merah. Katanya lebih sehat.”

“Boleh tuh…”

Mata kami kembali menatap rice cooker.

“Terus rice cooker ini gimana nasibnya?”

Ada yang mau?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s