Mendoan

“Monggo. Silahkan. Mumpung masih panas..”
Aku menelan air liur. Kulirik, matanya sedikit terbelalak. Gawat!
“Jangan malu-malu.”
“Iya..”
Diambilnya satu. Cabe rawit, tak mungkin lupa. Digigit pelan. Dikunyah. Air mukanya tak terdefinisikan. Aku mengikuti jejaknya. Benar saja, rasanya pun sulit untuk dijelaskan.
“Ibu bikin sendiri?”
“Iya. Kebetulan ada saudara datang bawa oleh-oleh tempe. Bapak minta dibuatkan tempe mendoan.”
Dia mengangguk-angguk. Aku tersenyum. Dalam hati berusaha menahan tawa. Tapi rasa segan pada tuan rumah mengalahkannya.
“Sebenarnya masak mendoan pakai tepung apa ya, Bu?”
“Tepung beras, dicampur tepung terigu. Bumbunya standar, kok. Garam, merica, bawang putih, ketumbar. Adonannya ditambahi irisan daun bawang biar tambah sedap.”
Aku mengangguk. Kulihat, matanya masih terpaku menatap piring.
“Ayo, lho. Tambah lagi. Maaf ya, cuma ada tempe mendoan aja.”
“Wah, ini malah istimewa, Bu. Jarang ada yang jual atau buat.”
Kulirik lagi. Dia mengunyah dengan hikmad. Sungguh, menahan tawa disaat-saat seperti ini sulitnya minta ampun. Ini semua karena aku tahu, kalau dia begitu tergila-gila dengan tempe mendoan. Fans berat, lah. Dan tiba-tiba harus bertemu saat sedang bertamu ke rumah mantan atasannya, pasti sangat berat menahan nafsu makan.
Kami berbincang tentang banyak hal, ketika tempe mendoan kloter kedua mendarat di meja tamu. Kulirik dia. Sumpah! Sejatinya kami sama-sama saling menahan diri. Dia dengan keinginan untuk melahap semua tempe mendoan. Dan aku dengan keinginan untuk tertawa ngakak.
Tak terlalu lama, kami pamit undur diri.
“Lho.. kok buru-buru. Ngobrolnya belum puas gini..”
“Sudah siang, Bu. Masih harus ke beberapa tempat lain. Lain kali kami main kesini lagi.”
“Janji, ya? Ini tempe mendoannya mau dibawa?”
“Hah? Boleh, Bu?”
Kali ini sengaja ku injak kakinya.
Duh! Ketara banget deh kalo doyan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s