Pets!

Saya nggak habis fikir dengan orang yang mengatasnamakan sayang dan cinta pada hewan peliharaannya, lalu memakaikan baju pada mereka, memasukkan ke dalam tas, dan mengajak jalan-jalan ke mall. Nggak ngeh dimana wujud sayang atau cintanya.

Suatu hari saya dan beberapa teman hangout ke mall. Dan memutuskan makan karena sudah jam makan siang. Sedang asyik ngobrol kesana kemari sambil menunggu pesanan datang, tiba-tiba datang sekelompok remaja yang salah satunya menenteng tas berisi anjing kecil yang berbaju kuning muda berenda-renda.

Polusi mata buat saya pribadi. Bukan karena outfit si anjing yang bisa jadi lebih mahal dari punya saya🙂 Bukan juga karena membawa hewan ke tempat makan. Tapi ini sangat tidak berperikehewanan. Kodrat hewan tidak berbaju, tapi berbulu, bersisik, berkulit dan sejenisnya. Tuhan menciptakan mahluknya sudah dengan sempurna, sehingga bisa bertahan dengan lingkungan. Demikian juga dengan hewan dan manusia. Bedanya, untuk alasan etika, estetika dan kesopanan, manusia mengenakan pakaian.

Belum lagi untuk kasus dimasukkan ke dalam tas. Hak asasi hewan yang lain adalah hidup bebas. Kandang, sangkar, kerangkeng, berangus, tali pengikat dan lain-lain adalah ide manusia agar mereka lebih aman dan nyaman. Alat-alat pengekang ini pun sebaiknya digunakan seperlunya, tak sepanjang waktu. Kalaupun harus selamanya, ada aturannya, sehingga hewan tak merasa stress. Salah satunya dengan ukuran yang luas, sehingga hewan bisa leluasa bergerak. Sedangkan tas? Seberapa besar sih tas yang bisa dibawa hangout ke mall?

Dan yang terakhir, hewan yang dibawa jalan-jalan ke mall. Well, memang ada beberapa mall yang menyediakan lantai khusus bagi para pemelihara binatang. Toko-toko yang menjual keperluan hewan peliharaan, klinik hewan, juga atrium khusus untuk perlombaan para hewan. Tapi, jika tidak, apa gunanya membawa hewan ke mall? Jalan-jalan? Jelas-jelas hewan-hewan ini dimasukkan dalam tas, lalu kapan jalannya? Kalau memang berniat jalan-jalan, bawalah mereka ke luar ruang. Dengan udara yang bebas dan bersih. Dijamin, mereka akan sangat senang. Percaya, deh!

Saya bukan seorang dokter hewan. Hanya orang yang berusaha mengingatkan akan kewajiban kita sebagai manusia pada hewan serta mengembalikan hak-hak mereka.

Itu saja.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s