King

Pelanggan adalah raja.

Teori marketingnya begitu. Kenyataannya? Nanti dulu.

Yang berkembang sekarang adalah pelanggan yang seperti apa yang bisa dianggap raja? Yang loyal? Yang banyak membelanjakan uangnya pada bisnis kita? Yang tidak rewel? Yang tak hanya belanja tapi juga memberikan kritik dan saran? Atau ada kriteria lain?

Tak sedikit teman saya memutuskan untuk berbisnis. Dari skala rumah tangga, hingga menembus tingkat nasional, bahkan wilayah regional. Ketika saya tanya jenis pelanggan seperti apa yang mereka sukai dan layak menjadi raja, jawaban paling banyak yang saya terima adalah pelanggan yang tidak rewel.

“Suka nolak order dari pelanggan rewel. Maunya macem-macem, kadang juga aneh-aneh. Sayang, sih. Nolak rejeki juga. Tapi daripada bete, mending ditolak aja.”

“Belanjanya banyak, tapi ribet. Bikin males. Ditolak halus, biar nggak sakit hati. Takutnya dia koar-koar diluar gara-gara ditolak, bisa berabe bisnis gue.”

“Mau pelanggan lama, belanja banyak, tapi kalo rewel lama-lama bikin sakit hati.”

Well, dari satu alasan saja sudah bisa diambil kesimpulan sementara bahwa tak selamanya pelanggan adalah sang raja. Tapi tak semuanya beranggapan seperti itu.

“Selama rewelnya masih wajar, nggak masalah. Ada pelanggan yang maunya perfect. Barang cacat sedikit, dia nggak mau. Masuk akal. Namanya juga orang beli, maunya yang sempurna, kan?”

“Gue ada pelanggan lama. Agak ribet. Maunya macem-macem. Selama masih bisa dipenuhi, nggak masalah.”

Nah, bagaimana? Yang bisa digarisbawahi adalah kerewelan pelanggan adalah suatu hal yang lumrah, asal masih dalam batas yang wajar dan masuk akal.

Jadi, sekali lagi, tak selamanya pelanggan adalah raja. Kalaupun ingin jadi raja, jadilah raja yang baik, tidak rewel, saling menghormati, juga loyal. Tak terlalu sulit sebenarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s