Memori tentangmu

“Maaf…”

Kepalamu tertunduk. Ada sedih, sendu dan sedan. Rasa bersalahku entah sudah tak terukur besarnya. Walau kita tahu, ini semua bukan salahku.

“Tak apa, Mas. Aku tahu…”

Kalimatmu hampir tak tertangkap telingaku. Selesai sudah semuanya. Kamu hanya memberikan segores senyum manis untuk ku kenang. Dan berlalu meninggalkanku sendiri.

Ingin ku menuntut, tapi pada siapa? Bagi yang berujar Tuhan itu esa, lalu kenapa kami harus terpisahkan? Untuk yang berujar berbeda tapi satu, mengapa kami diberaikan oleh suku?

Deretan panjang pertanyaan yang tak pernah terjawab oleh siapapun. Hanya meninggalkan luka gores yang dalam. Yang semoga bisa disembuhkan oleh waktu. Tanpa mampu sedikitpun terhapuskan.

*

Aku berdiri di bawah rerimbunan pohon. Menyesap air mineral yang penjualnya berdiri tak jauh dariku. Mataku masih terpaku keindahan pura Besakih. Masih sama agungnya seperti pertama aku menginjakkan kaki di Karangasem. Dengan tujuan yang masih juga sama.

Menunggumu.

Aku tahu kamu akan datang. Jangan tanya dari mana aku tahu. Setidaknya layar ponselku membawa berita bahwa kamu akan muncul tak lama lagi.

Ah, rindu aku padamu. Sudah terhitung tahun kita tak bertemu. Kenangan tentangmu masih tersusun rapi dalam rak-rak ingatan. Dan berharap kamu juga masih merasakan rindu yang sama.

Aku terkesiap tiba-tiba. Sosok yang amat sangat ku kenal muncul perlahan. Tak banyak berubah. Cantik. Dengan kebaya dan kain membalut tubuh. Sanggul kecil menghias kepala.

Aku tak punya nyali menyapamu. Walau ribuan kilometer sudah kujelajahi sampai disini. Tak mungkin rasanya. Aku yakin kamu sudah tak ingat lagi padaku. Karena ada yang telah mengisi relung hatimu.

Seorang gadis kecil bermata sama denganmu yang kamu genggam jemarinya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s