Banding-banding

Pernah dengar kalimat ini?

“Wah, dia kalah pintar dibanding kakaknya..”

“Cantikan adiknya kemana-mana.”

“Dia nggak sesukses saudara kembarnya.”

Yakin, pasti pernah dengar kalimat seperti ini. Minimal, serupa. Membandingkan antar saudara kandung. Dan yang sering membuat kalimat ini terdengar lebih ironis yaitu yang mengucapkan adalah orang tua kandung mereka😦

Kenapa saya bilang ironis? Bak membandingkan apel dengan jeruk. Yang mereka bandingkan adalah anak kandung mereka sendiri. Walaupun lahir dari orang tua dan kakek nenek yang sama, bukan berarti mereka adalah individu yang sama. Bahkan pada kembar identik satu telur sekalipun. Masing-masing punya kelebihan, kekurangan dan minat serta bakatnya masing masing.

Dan rasanya dibandingkan dengan saudara sendiri itu tidak enak. Iya, kan? Ujung-ujungnya, sibling rivalry. Selain tidak baik untuk perkembangan anak per individu, juga untuk perkembangan hubungan antar saudara.

Daripada harus membandingkan antar saudara kandung, kenapa si anak tidak dibandingkan dengan dirinya sendiri? Caranya? Kembalikan anak pada track pilihannya.

Ambil contoh, anak yang bercita-cita jadi dokter. Suatu hari si anak kedapatan malas belajar dan ogah mengerjakan PR. Daripada membandingkan dengan kakak atau adiknya, ‘bandingkan’ saja dia dengan cita-citanya. “Katanya pengin jadi dokter. Kok malas belajar? Kok ogah bikin PR?”.

Atau anak yang ingin jadi penyanyi tenar, tapi malas latihan vocal. “Adek katanya mau jadi penyanyi hebat. Rajin latihan, dong. Jangan ogah-ogahan.”

Selain memotivasi anak, cara ini menghindarkan permusuhan antar saudara karena kasus banding-membanding. Bagaimana? Ada yang mau coba?🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s