Keluarga

Buat saya, keluarga adalah tempat untuk pulang. Sejauh apa pergi, saya selalu pulang pada keluarga. Keluarga selalu membuat saya merasa aman dan nyaman, terlepas dari karakter anggotanya. Tapi, bukankah itu fungsi keluarga? Saling melengkapi satu sama lain.

Dulu, saya mengibaratkan keluarga seperti tripod kamera kualitas nomor satu. Begitu kuat dan kokoh menahan beban kamera yang jauh lebih berat. Terdengar keren. Hingga suatu hari, ‘tripod’ ini bermasalah di salah satu kakinya. Apalah arti tripod yang tak berfungsi salah satu kakinya?

Ternyata saya salah selama ini. Keluarga saya bukan seperti tripod kamera kualitas nomor satu. Kenapa? Karena sejatinya anggota di keluarga saya tak bisa disamakan dengan kaki-kaki tripod. Ketika salah satu anggota tak berfungsi sebagaimana mestinya, anggota lain akan membantu sebisa mungkin. Sebaik yang bisa dilakukan. Will do anything. For the best. Dan itu tak bisa diibaratkan dengan tripod kualitas nomor satu sekalipun.

Dan yang saya lakukan sekarang adalah tak lagi mengibaratkan keluarga dengan apapun. Apa adanya keluarga ini. Dengan kelebihan dan kekurangannya. Menikmati kebersamaan selagi bisa. Mensyukuri segalanya. Karena tak semua orang seberuntung saya, memiliki keluarga, tempat saya pulang.

Tapi, keluarga ini tak tiba-tiba menjadi seperti sekarang. Proses panjang yang beraral rintang. Namun, sekali lagi, keinginan kami untuk mewujudkan ‘tempat pulang’ yang aman dan nyamanlah yang membuat kelarga saya jadi seperti sekarang. Saya tak ingin jumawa. Hanya saja, jika saya dan anggota kaluarga ini bisa mewujudkannya, kenapa tidak dengan keluarga yang lain?

Coba saja. Wujudkan tempat pulang untuk raga dan jiwamu.

Tinggalkan Balasan

