Diet

Beberapa hari belakangan ini, saya bertemu dengan orang-orang yang sedang menekuni program diet. Alasannya? Biar lebih kurus.

Teman, tahukan kamu bahwa kurus tak selalu menyenangkan?

Seorang teman lalu menyelutuk. “Terang aja, kamu nggak tau rasanya berbadan gemuk.”

Ya, saya akui itu. Saya, sejak lahir sampai sekarang, tak pernah bermasalah dengan berat badan. Dan semoga tidak akan pernah (amin…). Yang saya ‘permasalahkan’ disini adalah tujuan dari diet. Ingin lebih kurus. Pertanyaannya, seberapa ‘kurus’?

Yang tidak banyak orang tahu adalah saya pernah kurus. Benar-benar kurus. Atas nama profesional, dengan tinggi 170 cm, saya pernah memiliki berat badan yang tidak boleh lebih dari 40 kg! Dan rasanya, sangat menakutkan! Saya tidak pernah dalam kondisi fit. Sering anemia. Belum lagi saya punya kecenderungan hipotensi (tekanan darah rendah). Sistolis hampir tak pernah mencapai angka 100. Sedang diastolisnya? Bisa ada di angka 70, saya langsung sujud syukur. Walaupun punya kecenderungan tidak mudah gemuk (karena metabolisme tubuh yang cepat), saya membatasi konsumsi makanan. Rasanya seperti bunuh diri pelan-pelan. Sangat jauh dari sehat.

Saat itu, banyak yang memuji bahkan iri dengan kekurusan saya (kalau tidak bisa dibilang langsing). Tapi sesungguhnya, sangat-sangat tidak menyenangkan.

The point is, kenapa tak merubah tujuan diet dari sekarang? Bukan ingin kurus, tapi ingin sehat. Kurus tidak sama dengan sehat. Pun demikian dengan gemuk. Ya, sehat. Datanglah ke ahli gizi. Konsultasi tentang diet dan pola makan yang baik dan benar. Karena baik buat orang lain belum tentu baik untuk kita.

Karena menjadi dan selalu berusaha dalam kondisi sehat adalah cara indah untuk mensyukuri hidup yang kita miliki.

 

Tinggalkan Balasan

