Fiksi

“Apa yang membuat saya harus membeli buku anda?”

Pertanyaan ini pernah membuat saya diam. Bingung. Bengong. Harus saya jawab apa? Karena apapun jawaban saya, akan menimbulkan pertanyaan baru.

Sejauh ini, saya baru menghasilkan buku-buku berisi cerita fiksi. Jadi, ketika seseorang mengajukan pertanyaan semacam itu, biasanya saya jawab “Selain menghibur, ada yang hal-hal yang bisa diambil dari cerita yang ada dalam buku ini, yang bisa dijadikan bahan perenungan”.  Tanpa bermaksud omong besar, setiap tulisan, siapapun penulisnya, pasti ada point yang bisa kita ambil. Seberapapun kecilnya.

Mungkin beda dengan buku-buku non fiksi. Yang khusus membahas suatu topik secara mendalam. Sehingga tak jarang, orang cenderung membanding-bandingkan buku tipe ini dengan buku fiksi. Semacam membandingkan laki-laki dan perempuan. Berbeda di banyak aspek.

Buku-buku fiksi cenderung dianggap ringan, remeh dan tidak bergizi. Benarkah? Tidak juga. Tengoklah karya-karya sastra dari dahulu hingga sekarang yang notabene masuk kategori fiksi. Remehkah? Tak bergizikah? Tidak, kan?

Tapi tidak semua buku fiksi bisa dimasukkan dalam kategori sastra. Betul. Dan, dengan semakin mewabahnya trend menulis sekarang ini, buku-buku fiksi aneka rupa membanjiri toko-toko buku dan situs-situs online. Dari yang berbobot sampai yang sangat ringan seperti popcorn.

Lalu, apakah kita kemudian jadi skeptis dan memandang sebelah mata buku-buku fiksi? Jangan! Seorang penulis sastra senior yang kehebatan karyanya tak terbantahkan pun dulunya dimulai dari dasar. Dari nol. Dari bukan apa-apa. Karyanya juga tidak tiba-tiba menghebat. Penulis-penulis pemula ini harus diapresiasi. Dibaca bukunya. Berikan saran dan kritik membangun. Diberi semangat. Selanjutnya, mari kita lihat perkembangannya. Semakin baik atau tidak, alam akan menyeleksi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s