Ayo Sekolah :)

Hari ini, hari pertama masuk sekolah setelah libur kenaikan kelas. Tadi pagi, anak-anak yang mayoritas berseragam baru, berangkat dengan riangnya. Beberapa ada yang terlihat agak ragu. Bisa jadi, mereka adalah murid baru di sekolah yang baru pula.

Entah kenapa jadi kangen sekolah lagi. Saya, berkali-kali harus jadi anak baru di sekolah yang baru, karena harus ikut orang tua yang pindah tugas kemana-mana. Tidak tahu kenapa, alih-alih ragu apalagi takut, saya justru senang setiap kali masuk ke sekolah baru. Bisa jadi karena yang ada di kepala saya adalah akan mendapat teman-teman baru.

Tapi, hikmah yang saya ambil dari berkali-kali menjadi anak baru di sekolah yang berbeda adalah saya selalu jadi anak yang ‘beruntung’. Maksudnya? Saya tidak dihadapkan pada masalah yang bisa membuat saya tidak bisa sekolah. Saya bisa menyelesaikan pendidikan dasar saya dengan mulus tanpa harus berfikir bagaimana cara saya membayar uang sekolah, membeli perlengkapan sekolah, segala iuran dan lain. Terlepas dari status sekolah negeri yang katanya paling murah, tapi tak jarang saya melihat beberapa teman yang harus bolak-balik dipanggil ke ruang BP ataupun kepala sekolah karena masalah ini.

Kadang jadi suka malu. Dengan kondisi yang sedemikian beruntung saja kadang saya masih suka malas-malsan. Dibandingkan teman-teman yang masih semangat walau harus ikut jungkir balik mencari biaya sekolahnya, saya sungguh anak yang tak tahu diri. Belum lagi, jika harus dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal di pelosok negeri ini, yang harus jalan kaki belasan bahkan puluhan kilometer, melintasi alam yang tidak ramah bagi anak kecil, dengan perlengkapan sangat sederhana, hanya untuk menuntut ilmu. Sungguh saya sangat kurang bersyukur.

Dan, ketika tadi pagi melihat anak-anak berangkat ke sekolah, saya hanya bisa berharap semoga mereka menjadi anak-anak yang lebih bersyukur akan ‘keberuntungan’nya di bandingkan saya.

Tinggalkan Balasan

