Passion

Satu orang dengan banyak minat. Salah? Tidak. Justru terlihat keren. Apalagi jika dia berusaha menekuni semuanya. Seseorang dengan banyak kebisaan, terlepas dari bakat yang dibawa sejak lahir.

Tapi, dari sekian banyak minat, mana yang menjadi passion? Bisa jadi tak satupun diantaranya. Ironis? Tidak juga. Karena tak jarang, sampai ajal menjemput, orang tak tahu apa passion-nya.

Apa sih passion itu? Passion adalah sesuatu yang menjadi minat, dengan antusiasme sedemikian hebat sehingga seakan kita tak bisa hidup tanpanya.

Lalu bagaimana membedakan minat dan passion?

Begini. Ambil contoh seseorang yang memiliki minat melukis. Rajin melukis, belajar pada ahlinya, dan lain-lain. Tiba-tiba, dia tertarik pada musik. Belajar salah satu alat musik, masuk dalam komunitas, dan lain sebagainya. Lalu, dia juga ingin mahir catur. Berlatih ‘melawan’ komputer, ikut pertandingan-pertandingan, dan seterusnya. Salah? Tidak. Dia serius menjalani minat-minatnya. Lalu, yang mana passion-nya?

Semua dikembalikan padanya. Sesuatu yang benar-benar menjadi passion bagi seseorang, akan ‘memanggil pulang’. Untuk kasus diatas, walau dia mencoba banyak minat baru lainnya, dia akan ‘kembali’ menekuni bidang lukis jika memang itu passion-nya. Percaya atau tidak, passion ini muncul dengan sendirinya asal kita mau jujur pada diri sendiri.

Jadi, masalahnya sekarang, sudah tahu apa passion-mu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s