The Flame

Seumur-umur berpuasa, baru kali ini sahur ditemani acara yang sangat tidak biasa tapi luar biasa. Upacara pembukaan olimpiade London 2012. Ritual seremonial, sih. Tapi selalu meninggalkan bekas mendalam, terutama untuk orang yang memiliki masa lalu yang sama seperti saya.

Setiap kali penyelenggaraan, selalu ada yang baru. Dari stadion utamanya, hiburannya, dekorasinya, teknologi yang digunakan, masih banyak lagi. Excited! Walau tetap ada yang tidak dirubah, seperti janji atlet, wasit dan official, pengibaran bendera olimpiade, parade atlet dari berbagai negara, dan yang akan saya singgung kali ini adalah api olimpiade.

Penyalaan api olimpiade di cauldron adalah satu-satunya ritual yang masih dipertahankan dari jaman olimpiade pertama di Athena Yunani. Simbol semangat, sportifitas, pantang menyerah, saling dukung dan menghargai. Sejak diambil dari sumbernya berbulan-bulang lalu, api diarak menuju London, estafet dari tangan ke tangan dengan berbagai cara dan oleh begitu banyak orang. Dari anak-anak hingga veteran atlet. Hingga api ini sampai di titik tujuan, di depan cauldron yang siap dinyalakan.

Setiap kali penyelenggaraan olimpiade (juga event olahraga lainnya), momen ini selalu berkembang pelaksanaannya. Tapi, masih dengan satu filosofi. Bahwa olahraga bukanlah proses yang instant. Olahragawan, butuh proses panjang, lama dan berliku untuk sampai di titik ini.

Dan cauldron olimpiade kali ini, berbeda . Terdiri dari beberapa tiang yang ‘direbahkan’ menumpuk. Setelah tiang terbawah dinyalakan oleh para pembawa obor, api itu merambat ke tiang lain di sebelahnya, pun atasnya. Dan ketika semua sudah menyala, tiang-tiang ini lalu di berdiri tegakkan, menjadi satu cauldron. Jenius!

Perlambang yang sangat pas. Bahkan, ketika para atlet sudah sampai pada titik ‘boleh berlaga di ajang olimpiade’, mereka tetap masih harus berjuang untuk akhirnya menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Well, rasanya tidak rugi saya memilih untuk menonton televisi, alih-alih kembali tidur setelah sahur dan sholat subuh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s