‘Menu’ Sahur

Apa menu sahurmu? Jawabannya pasti berbeda dari masing-masing orang. Dulu, waktu awal-awal belajar puasa, ibu selalu membuatkan telur mata sapi kesukaan saya, plus sayur yang tidak boleh absen di meja makan. Demi agar si anak mau bangun sahur di temani suara jangkrik di luar sana. Sungguh, bukan hal yang mudah untuk anak seumuran saya waktu itu.

Beberapa tahun kemudian, menu sahur saya bertambah dengan suara penyiar dari radio. Awalnya hanya dari stasiun bergelombang AM. Dan dirambah oleh penghuni FM beberapa tahun kemudian. Sahur menjadi lebih menyenangkan.

Televisi menyala menemani sahur ketika saya remaja. Masih monoton. Tausiah dan sedikit kuis. Ada Eko Patrio dan Ulfa Dwiyanti yang jadi pionir saat itu. Bangun sahur bukan lagi hal yang berat.

Saya sampai pada masa dimana semua stasiun televisi berlomba-lomba menemani makan sahur. Prime time bergeser ke dini hari. Semua menghambur uang dan hadiah lewat telekuis. Walau tausiah masih dikumandangkan para ustad dan kiai diantaranya. Pun sinetron religi memulai invasi. Dari yang drama sedrama-dramanya, hingga yang komedi selucu-lucunya. Telur mata sapi bukan lagi menu sahur utama bagi saya.

Dan puasa beberapa tahun terakhir, internet menemani saya. Semua yang ada di media konvensional, sekarang bergeser ke media online. Interaksi dua arah, oleh banyak pihak. Dikenal, maupun tidak. Sesuatu yang tak pernah terfikir oleh saya ketika masih sahur ditemani suara jangkrik.

Kalaupun saya diberi umur yang panjang untuk kembali bertemu bulan Ramadhan, saya ingin menjadi saksi dan pelaku sejarah perkembangan ‘menu’ makan sahur.

Kira-kira inovasi apa lagi, yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s