Kalap!

Pernah pergi ke mall dekat-dekat lebaran? Saya baru saja melakukannya dan agak menyesal. Seharusnya saya tidak mengiyakan janji temu dengan seorang teman di sebuah mall. Saya pikir ini hari kerja, mall tidak akan terlalu ramai. Tapi kenyataannya? Layaknya seporsi es teler. Mangkuk kecil harus memuat begitu banyak isian.

Sempat bengong di pintu masuk. Orang sebanyak ini, hilir mudik, membawa tas belanja aneka rupa di kedua tangan. Entah apa saja isinya. Yang pasti, ‘kebutuhan’ menyambut hari lebaran.

‘Kebutuhan’? Saya lebih suka menyebutnya sebagai ‘keinginan’. Kenapa? Sebenarnya mereka tidak benar-benar membutuhkan barang-barang ini, kan? Baju baru, alas kaki baru, perabot dan perlengkapan rumah tangga yang baru. Apakah yang lama sudah rusak? Tidak, kan? Saya yakin kondisinya masih bagus.

Lebaran itu kata pak ustadz, kembali ke fitri. Suci, seperti bayi baru lahir. Diawali dengan baju yang bersih dan rapi lalu sholat Ied di tanah lapang. Dan dilanjutkan bersilaturahmi pada keluarga, handai taulan dan para kerabat. Bukan berarti harus baru, kan?

Ada yang bilang ‘mumpung lebaran’. Baiklah, tidak semua orang beli baju dan alas kaki baru setiap waktu. Tapi kalau menggunakan alasan lebaran, kok jadi kasihan lebarannya, yah? Semacam jadi kambing hitam untuk menghalalkan hedonisme. Kalau hanya baju dan alas kaki, mungkin ‘masih bisa diterima’. Tapi kalau jumlah belanja masing-masing orang jadi berlebihan, apa masih bisa diterima?

Saya tidak berniat skeptis. Juga sok berceramah. Puasa mendidik kita untuk mampu mengendalikan hawa nafsu. Tapi, jika nafsu belanja kita jadi tak terbendung, apa kabar ibadah puasanya?

4 thoughts on “Kalap!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s