Hanya?

Olimpiade London 2012 usai sudah. Api di cauldron juga telah padam. Atlet, official dan wasit, kembali pulang ke negara masing-masing. Ada yang gembira, sedih, bahagia, kesal dan rupa rasa yang lain.

Apa kabar kontingen Indonesia? Kenapa sunyi sepi tak ada kabar? Dan headline yang saya baca tadi pagi di halaman sport adalah ‘Indonesia, hanya 1 perak dan 1 perunggu’. HANYA? WTH?

Apa maksudnya dengan ‘Hanya’? Tahukah apa yang sudah dijalani Eko Yuli Irawan dan Triyatno hingga mampu mempersembahkan satu perak dan satu perunggu? Sebuah proses yang amat sangat panjang sekali. Dan kalaupun pada akhirnya mereka tidak mendapatkan medali emas, lebih pada lawan yang memang lebih baik.

Yang mereka lakukan lebih dari sekedar luar biasa. Yang terpenting adalah mereka mampu menaklukkan diri sendiri. Sehingga tidak sampai terjerumus menghalalkan segala cara untuk mendapatkan posisi terbaik, medali emas maupun bonus bermilyar-milyar.

Tanpa berniat nyinyir, tapi ini olahraga. Dunia yang begitu menjunjung tinggi sportifitas. Dan jika seorang atlet sudah tak mampu lagi sportif, ada baiknya introspeksi tujuan berada di arena ini. Saya tak ingin mengkambinghitamkan siapapun. Sepertinya ini benar-benar waktunya introspeksi dan juga mengambil tindakan nyata. Demi regenerasi. Demi Indonesia.

Sudah tak waktunya menganakemaskan salah satu cabang dan menganaktirikan cabang yang lain. Lebih pada potensi. Jika memang ada bibit luar biasa di cabang yang selama ini minim prestasi, jadikan maksimal, bukan lalu dikubur hingga layu sebelum berkembang.

Tindakan nyata, bukan hanya rencana. Sehingga tak ada lagi surat kabar yang berani menulis ‘HANYA’ di tajuknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s