Pulang

Ini Idul Fitri. Saya pulang lagi. Bukan pulang ke kampung halaman. Pun ke rumah orang tua. Tapi pulang ke tempat yang seharusnya. Tempat yang tidak bisa saya definisikan detil-detilnya.

Seumur hayat dikandung badan, baru dua tahun terakhir saya pulang. Dua tahun lalu, saya diberi kesempatan yang diluar nalar saya. Benar-benar hanya karena campur tangan Tuhan semua bisa terlaksana. Saya seperti disadarkan dengan tamparan. Kemana saja selama ini?

Setahun lalu, saya pulang setelah momen mukjizat terjadi pada saya. Ya, hanya saya. Kejadian langka yang langsung maupun tidak, melemparkan pertanyaan pedas. Masih berani sombong, sekarang?

Tahun ini, saya kembali pulang. Setelah berjibaku dengan keduniawian, entah kenapa saya bisa berhasil. Masih ada campur tanganNya. Hanya kenapa rasanya cobaan lebih berat. Sungguh berat. Saya harus berhadapan dengan orang-orang yang saya sayangi.

Entah apa saya masih bisa pulang tahun depan. Entah saya masih diberi kesempatan lagi. Entah apa lagi yang harus saya hadapi, kalaupun saya masih boleh kembali pulang. Tapi saya yakin, Allah SWT selalu bersama saya.

Amin.

Tinggalkan Balasan

