Kapan?

Relatif sama dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya. Masih banyak beredar pertanyaan yang dimulai dengan kata ‘kapan’?

Kapan lulus kuliah? Kapan punya pacar? Kapan dapat kerja? Kapan menikah? Kapan punya anak? Kapan tambah momongan? Dan masih banyak varian pertanyaan lain, yang kalau dipikir, hanya Tuhan yang bisa menjawabnya.

Seperti pernah saya tulis, beda antara perhatian dan ikut campur urusan orang lain sangatlah tipis dan relatif. Ada baiknya lebih mengasah kemampuan dan kemauan berempati. Bukan hanya berpikir ulang sebelum bertanya. Tapi mencoba untuk lebih merasa. Apakah kiranya pertanyaan ini akan menyakitkan hati orang lain atau tidak? Tentu saja, kecuali bagi yang memang ingin ‘cari masalah’🙂

Saya sudah melewati hampir semua pertanyaan ‘kapan’ tersebut. Ketika usia masih tergolong muda, saya cenderung offensive. Kecenderungan menjawab pertanyaan ‘kapan’ dengan jawaban yang tak kalah menyakitkan. Ujung-ujungnya saya sadar, saya sudah tidak ‘bermain cantik’. Bisa jadi, ini yang mereka harapkan dari saya. Bertindak immature.

Semakin kesini, saya belajar bagaimana bermain cantik dengan ‘bermain kata’. Menyusun kalimat jawaban sehingga terdengar lebih ramah telinga, namun sesungguhnya menampar sang penanya. Dan semakin bertambahnya usia, pertanyaan-pertanyaan ‘kapan’ tersebut sudah tak terlalu mengusik logika dan batin. Justru memunculkan rasa kasihan. Betapa sang penanya, entahlah, anatara tidak kreatif atau memang sedang ingin cari masalah.

Jadi, kalau boleh saya memberi saran, dinginkan kepala. Apapun pertanyaannya, akan muncul kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun. Jangan dimasukkan ke dalam hati. Tetap ‘bermain cantik’ setiap kali pertanyaan itu muncul. Dan jangan lupa tersenyum saat menjawabnya. Niscaya, para penanya akan merasa ‘terbanting’.

Anyway, baru sadar, tiga orang yang biasanya selalu melontarkan pertanyaan ‘kapan’ pada saya, lebaran tahun ini sudah berstatus almarhum. My oh my

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s