Dear editor…

Beberapa tahun lalu, saya bertemu dengan seorang editor di sebuah cafe. Kami dikenalkan oleh seorang teman. Dari perbincangan kami bertiga, akhirnya diketahui bahwa sang editor (yang masih tergolong muda) ini sedang cuti.

“Editor kalo ngajuin cuti itu harus setahun sebelumnya,” candanya.

Yah, kami maklum. Untuk ukuran penerbit sebesar tempatnya berkarir, jabatan editor bisa dibilang jabatan 24 jam. Belum lagi kalau naskah yang masuk tak terhitung jari tangan dan kaki.

“Beruntung sekarang semua naskah yang masuk dalam bentuk soft copy. Dulu, naskah masuk bentuknya hard copy. Penuh deh meja.”

Kami senyum-senyum.

“Tapi bukan berarti tanpa masalah. Kadang naskah yang masuk tidak sesuai dengan ketentuan yang di minta penerbit. Kami minta nggak aneh-aneh kok. Seperti minimal jumlah halaman, ukuran kertas dan margin, format penyimpanan file, file di kirim via email by attachment bukan di badan email, bio penulis, dan lain-lain. Biasanya kalau tidak sesuai ketentuan, naskah ‘dikirim’ balik ke penulis dengan catatan tidak sesuai ketentuan. Itu masih lumayan. Kalau lagi bete, kadang juga langsung di hapus.”

Glek!

“Mau di bilang kejam, ya memang sih. Tapi mau gimana lagi. Untuk hal yang sifatnya teknis aja sudah susah untuk dipenuhi. Gimana kita dari penerbit mau baca. Take and give lah…”

Benar juga sih…

“Dulu, jaman jadi juri lomba tulis juga gitu. Kalau tidak sesuai ketentuan, langsung gugur tanpa di baca. Mau di bilang kejam, terserahlah.”

Kami mendengarkan.

“Apalah artinya cerita yang bagus dan menarik, kalau harus gugur gara-gara hal sepele. Apa susahnya, sih?”

Saya mencatat kalimatnya. Di benak.

2 thoughts on “Dear editor…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s