Harapan

Harapan.

Orang bilang, harapan itu ada kalau kita punya mimpi. Akan apapun. Punya cita-cita tinggi. Punya karir cemerlang. Punya rumah dan kendaraan yang bagus. Banyak hal.

Tapi, bagaimana caranya harapan itu bisa terwujud? Tanpa berniat menjatuhkan semangat, deretan kendala akan muncul dengan nyatanya di depan mata. Dari yang ringan, sampai yang mampu membuat kita mengibarkan bendera putih.

Sejak awal tahun, saya bertemu dengan orang-orang yang punya harapan dan mimpi besar dalam hidupnya. Senang mengetahuinya. Dan, ketika setengah tahun berlalu, saya kembali bertemu dengan mereka. Ada yang masih berjuang mewujudkan. Bahkan ada yang telah berhasil dan kembali membuat harapan dan mimpi baru. Tapi tak sedikit yang sudah menyerah. Dan yang sungguh disayangkan, mereka menyerah oleh kendala yang bisa dibilang sepele. Sayang sekali.

Punya harapan itu seperti menanam benih pohon. Tak hanya sebatas menanam. Tapi juga merawat. Diberi pupuk dan di siram air. Disiangi dari tanaman pengganggu. Dijauhkan dari hama. Sampai tanaman itu tumbuh sehat, besar dan berbuah banyak.

Masalahnya adalah setekun apa kita merawat pohon harapan kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s