Sehat selalu :)

Saya ke rumah sakit beberapa hari yang lalu untuk sebuah kebutuhan. Dan, bertemu seorang teman lama di deretan kursi pasien yang menunggu giliran masuk ke ruang dokter adalah kejutan tersendiri. Ngobrol sana sini, tahulah saya pada akhirnya bahwa dia mengantarkan isteri yang harus kontrol rutin karena sakit.

Kanker payudara. Stadium 2B.

Hati saya seperti diiris-iris.

Bukan yang pertama kali. Karena yang sebelumnya sudah ‘mengorbankan’ payudara sebelah kiri untuk diangkat. Setelah beberapa tahun, sel kanker muncul kembali dan menyerang yang kanan.

“Mungkin agak abai, ya. Karena tidak ada riwayat kanker apapun di keluarga dia. Jadi berfikir kalau tidak mungkin kena kanker.”

Saya manggut-manggut. Pernah suatu kali saya baca sebuah jurnal penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa saat ini mayoritas penderita kanker tidak punya riwayat kanker dalam keluarganya. Lalu, dari mana asalnya? Ternyata gaya hidup, polusi, stress jadi penyebab utama. Konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, jarang berolahraga, merokok, beban pekerjaan, beban hidup dan lain-lain sudah jadi pemicu utama.

Dan sang isteri tiba-tiba keluar dari ruang dokter. Perempuan mungil yang ayu. Berusaha keras agar tak terlihat sedih dihadapannya, sang teman mengenalkannya pada saya. Pun saya berusaha melakukan hal yang sama. Seorang perempuan kuat. Seorang isteri dan ibu dua orang anak, yang berjuang melawan penyakitnya. Dia bukan satu-satunya orang yang mengalami hal ini. Tapi, cukup satu orang saja untuk menyadarkan banyak pihak untuk hidup lebih sehat. Lahir dan batin.

2 thoughts on “Sehat selalu :)

  1. Teman kerja saya juga menderita tumor payudara. Kira ” mingg lalu dia tidak masuk krj. Ternyata dia sedang menjalani pemeriksaan dokter. Entah kpn akan di operasiny. Dia minta doa sm ane.
    Sedih kl melihat dia di tempat krj

Tinggalkan Balasan

