Your choice

weheartit

Kamu akan dikenal bukan dari bakat, minat ataupun skill. Tapi dari pilihan yang kamu buat.

Kurang lebih seperti itu kalimat yang saya tangkap. Diucapkan oleh Albus Dumbledor pada Harry Potter ketika Harry berhasil mengalahkan Tom Marvolo Riddle muda di The Chamber of The Secret.

Kita bisa saja punya bakat yang diturunkan dari generasi ke generasi. Menyanyi. Melukis. Apapun. Kita juga punya skill yang sudah diasah sekian lama. Olahraga. Menari. Menulis. Memasak. Dan lainnya. Pun minat yang konon dipengaruhi oleh lingkungan. Berkebun. Traveling. Apa saja.

Mungkin kita akan dikenal orang lain dari hal-hal tersebut. Namun sifatnya sementara. Pada periode itu. Pun oleh orang-orang yang dekat dengan kita saat itu. Namun bagaimana untuk jangka panjang?

Katakan kita memiliki bakat menyanyi, skill olahraga, juga hobi traveling. Tapi kita memilih untuk menjadi guru taman kanak-kanak. Salah? Tentu tidak. Kita akan dikenal sebagai guru taman kanak-kanak, karena itulah pilihan yang kita buat. Namun bukan guru sembarang guru. Tapi guru yang jago menyanyi, senang mengajak murid berolahraga, juga mendongeng tentang perjalanan liburan ke berbagai tempat. Keren, kan?

Maka, berhati-hatilah ketika melakukan pilihan. Karena, sekali salah memilih, bisa jadi seumur hidup akan menyesal. Hanya demi membahagiakan orang lain, kita memilih yang tidak sesuai dengan hati kita. Memilih sekolah atau pekerjaan yang tidak kita sukai, memilih pasangan yang dijodohkan pada kita tapi tak dicintai, memilih melakukan tindakan yang melanggar hukum karena paksaan, dan lain sebagainya.

Pikirkan baik-baik. Yakinkan diri bahwa yang menjadi pilihan kita (apapun itu) akan membuat kita bahagia, pun tidak merugikan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s