Akhiran

Berdasarkan asal muasalnya, akhiran (sufiks) dalam bahasa Indonesia dibagi dua, dari bahasa Indonesia (termasuk Sanseserta di dalamnya) dan dari bahasa asing.

Akhiran yang berasal dari bahasa Indonesia adalah –an, -i, -kan, -ku, -mu, -nya. Akhiran –ku, -mu, -nya, dikategorikan dalam kata ganti orang dan akan kita bahas terpisah (semoga🙂 ). Akhiran merupakan serapan dari bahasa Sansekerta adalah  –wan, -wati, -man. Dan yang diserap dari bahasa asing yaitu –a, -an/in, -gara/i, -is, -asi, -isme, -log/logi, -tas, -tor, -us.

 

-an

Akhiran –an berfungsi membentuk kata benda. Perkembangan selanjutnya, juga berfungsi membentuk kata sifat setelah dipengaruhi bahasa-bahasa daerah.

Akhiran –an bisa memberikan beberapa arti, seperti tempat (lapangan, pangkuan), alat (timbangan, ayunan), cara (hafalan, pukulan), akibat/hasil perbuatan (tulisan, nyanyian), sesuatu yang telah/di… (minuman, makanan), himpunan (daratan, lautan), tiruan dari (dokter-dokteran, kuda-kudaan), tiap-tiap (harian, mingguan), bersifat seperti…(manisan, hitaman), intensitas baik kualitas maupun kuantitas (besaran, buah-buahan).

 

-i

Akhiran –i berfungsi membentuk kata kerja. Seperti halnya akhiran –an, akhiran –i juga memiliki beberapa arti, seperti lokatif (lari mengelilingi lapangan), menyebabkan sesuatu terjadi (menyayangi adiknya), intensitas (petinju itu memukuli lawannya).

 

-kan

Akhiran –kan berfungsi membentuk kata kerja. Arti yang dibentuk oleh akhiran –kan adalah menyebabkan/menjadikan sesuatu (menjalankan, melarikan), menggunakan sebagai alat untuk (melontarkan, melemparkan), membuat/melakukan untuk orang lain (membelikan, meminjamkan), juga ringkasan dari ‘tugas akan’ (memikirkan = fikir akan)

 

-man, -wan, -wati

Akhiran –man, -wan, -wati berfungsi membentuk kata keterangan. Selain keterangan jenis kelamin (wartawan – laki-laki, wartawati – perempuan), juga memiliki makna ‘punya arti yang disebutkan oleh kata dasarnya’ (hartawan, budiman).

 

Akhiran bahasa asing

Akhiran yang berasal dari bahasa asing yang sering digunakan adalah –asi, -isasi, -isme. Bisa berfungsi membentuk kata benda, kata kerja, juga kata sifat. Belum stabil keberadaannya dalam bahasa Indonesia, walaupun sering digunakan sehari-hari terutama oleh media cetak, elektronik dan online.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s