Membesarkan Hati

wehearthit.com

wehearthit.com

Para pecinta hewan dan pemilik hewan peliharaan pasti tahu yang saya maksud dalam posting kali ini. Rasa ketika hewan yang kita sayangi tiba-tiba sakit. Antara, bingung, sedih, kadang panik. Yang terpikir hanya bagaimana caranya agar sang hewan peliharaan segera sembuh.

Dan, dokter hewan (veterinarian) jawabannya. Tapi, bertemu dengan dokter hewan kadang justru membuat was-was. Bukan karena biayanya yang tidak sedikit, tapi kenyataan yang harus dihadapi. Sebagai dokter, adalah kewajibannya memberitahukan keadaan si sakit dengan sebenar-benarnya. Dan masalahnya, kondisi si pasien yang pada akhirnya membuat kita semakin kalut. Entah karena sakit yang ternyata sudah parah, atau harus menjalani operasi, atau bahkan sudah dalam kondisi paliatif. Sedih😦

Dan, yang lebih sering dapat membesarkan hari kita adalah sesama ‘keluarga’ pasien. Sambil menanti giliran di ruang tunggu, kami berbincang tentang hewan peliharaan masing-masing. Kadang ada solusi tanpa harus bertemu sang dokter. Tapi yang sering terjadi adalah saling menguatkan, karena kami saling tahu bagaimana rasanya. Tak ubah layaknya ketika kita sendiri yang pergi berobat ketika sakit.

Hewan-hewan peliharaan yang sedang sakit itu membutuhkan kita. ‘Keluarga’nya. Bukan hanya untuk menyembuhkan, tapi juga mendampingi. Dan sebagai pendamping si sakit, kita harus kuat, lahir dan batin. Dan untuk menjadi kuat, kita juga butuh dukungan dari lingkungan. Saling membesarkan hati, itu amat sangat membantu.

Bisa jadi ada yang menganggap saya berlebihan. Tapi bagi pecinta hewan dan pemilik hewan peliharaan, pasti tahu yang saya maksud dan rasakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s