Galau Abege

autumn sky cover

Saya seperti dihisap kembali pada masa abege, ketika masalah yang (kini) terlihat ringan, dulu terasa seperti harus membuat matahari terbit dari Barat dan terbenam di Timur🙂

Buku ini bercerita tentang Chika Suzu, beribu Indonesia dan berayah Jepang. Anak tunggal yang harus merasakan perceraian orang tua di usia sekolah dasar. Hak asuh jatuh ke tangan papa, yang membawa Chika kembali ke Jepang. Dari seorang gadis yang periang, Chika berubah menjadi pemurung dan tertutup. Hingga suatu saat, sang papa memutuskan untuk menikah lagi dengan seorang perempuan Jepang, janda beranak satu. Kini, Chika memiliki kakak laki-laki, Yukito Kazuki.

Waktu berlalu, kini Chika resmi jadi siswa kelas 1 SMA. Kekelaman masa lalu membuatnya menjadi antisosial. Ogah bergaul dan menjalin hubungan dengan teman-teman di sekolah yang baru. Hingga dia bertemu dengan kakak kelas yang terkenal sebagai tukang pembuat onar, Hwang Min Hyun dan dua anteknya Yamada Eiji dan Satoshi Toya. Singkat cerita, Chika akhirnya menjadi bulan-bulanan ketiga kakak kelasnya ini.

Di lain sisi, Chika mengalami kegalauan dalam dirinya. Menyalahkan papa yang telah memisahkannya dari mama, merindukan mama dengan teramat sangat, serta tiba-tiba mulai menyadari bahwa dirinya jatuh cinta pada Yukito, kakak tirinya. Plus tetap harus menghadapi intimidasi di sekolah, terutama oleh Min Hyun yang ternyata memiliki latar belakang yang sama dengannya.

Bagaimana akhir ceritanya? Apakah Chika bisa mengobati rindu pada mama yang lama tak dijumpai? Akankan cinta (terlarang)nya pada Yukito bersambut? Sanggupkah Chika bertahan menghadapi intimidasi di sekolah? Walau sebenarnya diperuntukkan bagi pembaca belia, tidak ada salahnya membaca tuntas buku ini. Cukup menghibur, walau akhir ceritanya sudah teraba dan tertebak sedikit demi sedikit.

Bukan murni cerita romance, sebenarnya. Lebih pada pencarian jati diri tokoh Chika. Tapi, kegalauan ketika diam-diam jatuh cinta pada kakak tiri, kecemburuan pada kekasih sang kakak, dan semua pernik-perniknya, membuat sedikit gemas. Belum lagi kemunculan tokoh Min Hyum yang juga korban broken home. Perasaan senasib, akankah berujung cinta? Lalu bagaimana cinta Chika pada Yukito?

Cerita dengan diksi yang ringan. Tapi cukup menarik, mengangkat setting Kyoto dengan pemandangan dan budayanya. Lumayan memberi sedikit pengetahuan. Juga isu tentang anak korban perceraian, tidak harus berakhir menjadikan buku ini terasa ‘berat’.

Jadi, selamat membaca, selamat menikmati. Tidak ada ruginya menikmati ‘Autumn Sky’ ditemani hujan yang sering turun belakangan ini🙂

Buku: Autumn Sky, kenapa bukan kamu yang jadi milikku?

Penulis: Aiu Ahra

Penerbit: Bentang Belia, Yogyakarta.

Cetakan: I, November 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s