Will You?

lovely proposal cover

Apa jadinya ketika seorang perempuan berusia hampir 31 tahun, yang berharap naik pelaminan justru harus menerima kenyataan putus dengan sang kekasih?

Buku ini bercerita tentang Karla, perempuan 30 tahun pemilik Kedai Nona. Karla bertanya-tanya, akankah Mario, sang kekasih yang berusia lebih muda lima tahun berniat meminangnya? Namun, yang diterimanya adalah penyataan putus sepihak dari Mario. Karla berusaha memperjuangkan cintanya, namun Mario yang berubah menjadi misterius, enggan melanjutkan hubungan mereka yang telah berjalan lima tahun.

Sedih, pasti. Tapi  dengan dukungan mami, Evan dan Lola sahabatnya, juga para pegawai di Kedai Nona, Karla berusaha move on. Termasuk berusaha membuka hati pada lelaki lain. Muncullah Paul, owner majalah kuliner yang menaikkan popularitas Kedai Nona, yang menaruh hati pada Karla. Walaupun berujung marah dan takut, karena pada akhirnya Karla tahu Paul adalah seorang playboy brengsek.

Charles kemudian hadir dalam hidup Karla. Pelanggan Kedai Nona yang ternyata anak owner jaringan hotel ternama. Charles yang kikuk, kaku dan sederhana, sempat mencuri perhatian Karla, walau gadis itu tetap waspada pada orang yang baru dikenalnya. Ketika Karla dan Charles semakin dekat, tiba-tiba Mario hadir lagi dengan kabar yang membuat semua keputusan dan perbuatannya termaafkan oleh Karla.

Saat Karla dan Mario seakan tak terpisahkan, tiba-tiba lamaran-lamaran dari para lelaki yang mencintai Karla datang bertubi-tubi. Karla gamang. Di satu sisi dia begitu mencintai Mario tapi tahu Mario tak akan pernah melamar untuk menikahinya, di lain sisi ada para lelaki yang begitu mencintai dan melamarnya tapi tak mampu diterimanya.

Lalu, apa pilihan Karla? Pada siapa hatinya berlabuh?

Novel yang cukup tebal. Kadang sering membuat orang jadi malas membacanya. Tapi percayalah, tidak dengan novel yang satu ini. Cerita mengalir ringan, tanpa menjadi picisan. Menyelami perasaan dan kejadian yang dialami Karla, membuka mata bahwa menjadi dewasa tak semudah yang kita bayangkan saat remaja.

Tak perlu berkerut kening menyelesaikan buku ini, walau kadang emosi sering diseret untuk tertawa, mata berkaca-kaca, jengkel, kembali tersenyum, sedikit bersedih, bahkan bisa memunculkan api kecil kemarahan. Tak apa, memang itu adanya. Tapi, ketika kita menutup buku ini setelah menamatkannya, ada desah perenungan tentang yang tersurat dan tersirat. Tentang banyak hal yang sepertinya harus dibaca sendiri untuk meresapinya.

Buku yang manis dan dalam. Lovely, tentu saja.

 

Judul: LOVELY PROPOSAL

Penulis: Christina Juzwar

Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta

Cetakan: Pertama, Januari 2013

Tebal: 371 halaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s