Cinta ‘Mati’ (?/!)

tabula rasa

Terlepas dari suratan takdir, akankan dua orang yang memiliki masa lalu yang serupa bisa saling jatuh cinta?

Bercerita tentang Galih, pemuda yang seorang dosen di Yogyakarta. Dulu, di awal tahun 90-an, Galih pernah tinggal di Moskwa mengikuti sang ayah yang seorang duta negara. Dan Galih jatuh cinta pada Krasnaya, gadis asli Rusia. Cinta pada umumnya, antara laki-laki dan perempuan. Yang menjadi rumit karena campur tangan situasi politik yang sedang penuh konflik. Cinta yang harus ‘mati’, dengan lubang peluru di kepala bagian belakang Krasnaya.

Bercerita tentang Raras, gadis yang seorang mahasiswi di Yogyakarta. Dulu, Raras sempat jatuh cinta pada Violet. Violet yang seorang pecandu narkoba berbagai jenis. Raras setia mendampingi, bagaimanapun kondisi Violet. Hingga cinta harus ‘mati’, dengan berpulangnya Violet karena overdosis, sebelum Raras sempat mengungkapkan isi hatinya.

Bercerita tentang Galih dan Raras, dosen dan mahasiswi, yang memiliki masa lalu serupa. Perasaan senasib, saling tahu ‘bagaimana rasanya’, akankah berujung cinta yang tak akan pernah ‘mati’?

Cerita cinta romantis tak melulu harus jatuh jadi galau berlebihan dan menye-menye. Buku ini buktinya. Cinta milik Galih dan Raras sama-sama dalam dan kompleks, tapi diceritakan dengan cara membumi tanpa harus didramatisir.

Ditulis dengan PoV masing-masing tokoh, baik tokoh utama maupun penyerta, membuat cerita menjadi kaya. Pembaca bisa ‘melihat’ dan ‘merasa’ dari sudut pandang masing-masing tokoh. Alur yang maju mundur, tak membuat cerita ini membingungkan, karena penulis menyertakan kronologi waktu dan tempat sebagai acuan. Diksi yang digunakan juga biasa kita jumpai sehari-hari, namun tak membuat cerita ini jadi biasa. Yang mungkin menjadi nilai tambah adalah isu-isu yang diangkat (komunisme, homoseksual, narkoba, dll) juga riset yang memperkuat cerita.

Bukan buku baru, tapi sangat layak dinikmati. Tak salah kalau buku ini jadi pemenang ketiga Sayembara Novel DKJ 2003.

Selamat membaca🙂

 

 

Judul : TABULA RASA

Penulis : Ratih Kumala

Penerbit : Grasindo Jakarta

Cetakan : Kedua, Oktober 2004

Tebal : vii + 185 halaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s