23 Pasang Kromosom

image

“Serius bener keliatannya…”
“Iya. Besok ada ulangan.”
“Oh…ulangan apa?”
“Biologi.”
“Ups! Berat nih kayaknya, ampe ruwet itu muka.”
“Iya. Soal kromosom.”
“Apa itu kromosom?”
“Kromosom itu struktur dalam inti sel yang terdiri dari DNA, yang terikat dengan histori dan protein.” “Wuih! Banyak dong! Secara sel manusia kan milyaran.”
“Bingits!”
“Terus…masing-masing inti sel ada berapa kromosom?”
“Ada 46. 44 kromosom tubuh atau autosom dan 2 kromosom seks atau genosom. Jadi ada 23 pasang.”
“Bentar. Tadi katanya 46. Kok jadi 23 pasang?”
“Iya. Kan manusia dapat 23 kromosom dari ibu dan 23 kromosom dari bapak. Total ada 46. Di inti sel, kromosom dari bapak dan ibu itu berpasangan. Gitu deh gampangnya.”
“Wooo…keren yah! Kromosom aja berpasangan. Kita kapan punya pasangan?”
“……”

2 thoughts on “23 Pasang Kromosom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s