Surat Resmi

image

Tulisan ini berawal dari ketakjuban saya berkali-kali membaca surat resmi yang ‘enggak banget’. Saya bingung. Apakah jaman sekarang tidak diajarkan lagi cara membuat surat resmi? Jaman saya sekolah dulu (iya…dulu, saya memang sudah berumur…ehem), surat menyurat masuk dalam pelajaran bahasa Indonesia. Entah kalau sekarang.
Sebelumnya, apakah surat resmi itu?
Surat resmi adalah surat yang disampaikan oleh individu kepada lembaga/instansi atau sebaliknya. Juga antar individu atau antar lembaga/instansi. Intinya, surat ini sifatnya resmi dan profesional. Contoh: surat lamaran pekerjaan, berkas curiculum vitae, berkas proposal, dan lain-lain.
Dari namanya saja kita sudah bisa tahu, seharusnyalah surat ini menggunakan bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD). Pun harus mengikuti aturan baku surat menyurat yang baik dan benar.
Bicara tentang jaman sekarang, surat resmi pun tak terikat bentuk. Tak hanya terbatas tercetak di atas selembar kertas, tapi juga bisa dilayangkan via email, CD, dan lain sebagainya. Sesuai kebutuhan dan permintaan. Tapi initinya, ‘aturan mainnya’ tetap sama.
Seperti apa sih surat resmi itu? Saya tidak akan panjang lebar bercerita detil di sini. Hanya akan membuat pembacanya jenuh. Saya ingin anda lebih (sedikit) kreatif . Bisa berkunjung ke toko buku atau perpustakaan. Pastilah banyak buku-buku yang menjelaskan tentang surat resmi sampai ke saripatinya. Atau kalau anda tak punya banyak waktu luang, googling bisa amat sangat membantu. Banyak yang dengan senang hati memberi info. Bola di tangan anda, mau pilih yang mana.
Intinya, kalau kita dihadapkan pada keadaan harus membuat surat resmi, baik atas nama pribadi atau lembaga/instansi, buatlah sebaik dan sesempurna mungkin. Bisa jadi, masa depan kita ditentukan dari isi surat resmi tersebut.
Bagaimana?

2 thoughts on “Surat Resmi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s