Daun Salam

image

Di sisi timur halaman rumah saya, menjulanglah pohon salam. Bisa jadi kurang lebih 5 meter tingginya.

image

Maafkan kemampuan fotografi saya yang cukup memprihatinkan :')

Dulu, bibit pohon salam ini didapat dari seorang saudara yang gemar bercocok tanam. Awalnya, pohon ini ditanam hanya bertujuan untuk penghijauan. Lambat laun, kami serumah bersyukur karena pohon ini punya manfaat dan khasiat yang luar biasa. Baiklah, mungkin kami terlambat mengetahui. Tapi, keterlambatan ini yang memacu saya untuk mencari informasi tentang khasiatnya, dalam hal ini daun salam.
Apa saja manfaat dan khasiat daun salam? Beberapa akan saya sebutkan berikut ini:

1. Penyedap masakan.
Rasanya tak perlu dijelaskan detil. Masakan khas Indonesia dari berbagai daerah, banyak yang menggunakan daun salam sebagai penyedap dan pelengkapnya.

2. Menurunkan kolesterol dan diabetes.
Cuci 10-15 lembar daun salam, lalu rebus bersama air sebanyak 3 gelas belimbing, hingga tersisa 1 gelas. Saring, lalu minum secara teratur setiap hari.

3. Meringankan asam urat.
Cuci 10-15 lembar daun salam, lalu rebus bersama air sebanyak 10 gelas belimbing, hingga tersisa 5 gelas. Saring, lalu minum secara rutin setiap hari.

4. Mengobati kencing manis.
Cuci dan rebus 5-10 lembar daun salam dalam air sebanyak 3 gelas belimbing, hingga tersisa 1 gelas. Minum sebelum makan, rutin dua kali sehari.

5. Mengobati diare.
Cuci dan rebus 15 lembar daun salam dalam air sebanyak 2 gelas belimbing. Tambahkan sedikit garam, saring, lalu minum setelah dingin.

6. Menurunkan tekanan darah.
Cuci dan rebus 5-10 lembar daun salam segar dalam air sebanyak 3 gelas belimbing, hingga tinggal 1 gelas. Saring, lalu minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

7. Mengobati sakit maag.
Cuci 15-20 lembar daun salam segar bersama setengah liter air. Tambahkan gula aren secukupnya. Setelah dingin, minum sampai rasa perih di lambung hilang.

8. Obat batuk.
Cuci dan rebus 5-10 lembar daun salam dalam air sebanyak 2 gelas belimbing, hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu campurkan dengan 2 sendok makan madu dan perasan 1 buah lemon. Minum secara teratur sampai batuk sembuh.

9. Menurunkan berat badan.
Cuci dan rebus 20-30 lembar saun salam dalam 4 gelas air, hingga tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

10. Membuat gigi putih bersih.
Tumbuk daun salam dan kulit jeruk yang telah dikeringkan. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalamnya, hingga adonan berbentuk seperti pasta. Aduk rata. Adonan bisa digunakan layaknya pasta gigi.

Bisa jadi masih banyak manfaat dan khasiat dari daun salam. Ini baru daunnya, belum bagian pohon yang lain. Mungkin ada yang berkenan menambahkan informasi, dengan senang hati saya akan menerima.
Semoga bermanfaat🙂

Catatan: 1 gelas belimbing = 150 cc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s