Wawancara Kerja

image

Banyak yang ngeri ketika harus menjalani tahapan wawancara kerja. Memang tidak bisa disalahkan, karena tahapan ini biasanya yang menentukan seseorang akan diterima atau tidak oleh perusahaan atau instansi. Banyak buku, laman, informasi dari mulut ke mulut tentang ragam pertanyaan yang biasa diajukan. Namun, ada hal yang tak kalah penting yang juga harus menjadi perhatian. Apa sajakah itu?

1. Istirahat yang cukup.
Malam sebelum wawancara kerja, usahakan agar tubuh dan pikiran mendapat istirahat yang cukup. Walaupun tak jarang banyak yang gelisah, cobalah untuk tenang dan istirahat yang berkualitas.

2. Sarapan.
Sarapan pagi sebelum berangkat menuju tempat wawancara kerja. Penting, karena tubuh membutuhkan energi. Melewatkan sarapan, hanya akan membuat sulit fokus.

3. Lengkapi persyaratan.
Berkas-berkas yang diminta, perlengkapan alat tulis jika sewaktu-waktu dibutuhkan, kartu identitas diri, dan lain sebagainya. Siapkan semuanya semalam sebelum wawancara kerja.

4. Tepat waktu.
Wajib hukumnya. Jika tidak tepat waktu, sudah mengurangi nilai calon pelamar. Berangkatlah seawal mungkin. Lebih baik menunggu di tempat wawancara kerja, daripada  datang terlambat.

5. Tampilan profesional.
Baju, sepatu, make up, hair do, dan lain sebagainya, usahakan terlihat profesional. Pakai baju berbahan kain dengan warna netral, sepatu tertutup serta dandanan yang tidak mencolok. Tinggalkan celana jeans di rumah. Pun sepatu sandal atau sandal cantik bermerek ternama. Bagaimanapun, tampilan anda juga mempengaruhi nilai secara keseluruhan.

6. Tenang dan jangan lupa berdoa.
Sulit? Bisa jadi. Apalagi kalau jumlah pesaing cukup banyak dan berpengalaman. Serupa menurunkan percaya diri beberapa level. Berdoalah, untuk ketenangan batin, juga kesuksesan wawancara kerja.

Bagaimana? Semoga poin di atas bisa membantu.
Semoga sukses🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s