Mood

image

“Nulisnya entaran aja. Lagi nggak mood.
“Ogah ngomong sama dia. Nggak mood.
Mood gue lagi jelek, nih. Jadi jangan bikin macam-macam.”
Familiar dengan kalimat-kalimat di atas? Pernah dengar atau bahkan pernah mengucapkan? Sebenarnya, mood itu apa sih?
Kalau merujuk pada kamus, mood artinya suasana atau keadaan hati pada saat itu. Sedangkan orang yang sikap dan perilakunya tergantung pada mood saat itu disebut orang yang moody.
Seperti keping mata uang, mood bisa berakibat baik pun sebaliknya. Kalau mood sedang baik, semua akan baik-baik saja. Jadi, kalau mood sedang buruk, apakah akan memperburuk hari kita?
Belum tentu. Saya adalah salah satu contoh orang yang membutuhkan mood nyata saat menulis. Sulit buat saya menulis tentang sesuatu yang sedih saat mood sedang gembira. Tulisan saya jadi seperti tak bernyawa bila dipaksakan (tsaaahh…). Jadi, mungkin lebih pas kalau dikatakan mood haruslah disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Tapi apa bisa? ‘Menciptakan’ mood sesuai yang diinginkan? Terdengar mustahil. Mungkin bagi para moody, ini seperti hal yang tidak masuk akal. Jujur, saya sendiri pernah skeptis. Tapi setelah dicoba, ternyata berhasil! Saya bisa ‘menciptakan’ mood yang diinginkan.
Caranya? Mengubah mindset dan menciptakan sikon yang mendukung terbentuknya mood yang diinginkan. Sulit? Bisa jadi.
Membangun mindset, maksudnya pikiran kita jangan mau kalah dengan mood yang sedang melanda. Hati sedang tidak ingin melakukan apapun, tapi pekerjaan rumah menumpuk, apakah akan menunggu mood yang mendukung muncul? Tentu tidak. Butuh waktu dan proses untuk membiasakannya. Tapi ini bukan hal yang mustahil.

Berusaha menciptakan sikon yang mendukung terbentuknya mood yang diinginkan. Caranya? Berbeda pada setiap orang. Ada yang mendengarkan musik, makan, ngemil, nonton film, baca buku, olahraga, tidur, ngobrol dan lain sebagainya. Intinya, temukan cara membangun mood yang kita inginkan.

Well, rasanya sudah saatnya kita yang ambil alih kendali atas mood, kan?

2 thoughts on “Mood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s