Jambret (lagi)

image

Seorang teman bercerita tentang tetangganya yang jadi korban jambret semalam sepulang kerja. Tasnya digondol, barang-barang berharga di dalamnya raib.
Usut punya usut, si korban kurang waspada. Tas disampirkan di pundak, sehingga mudah diambil penjambret saat ia konsentrasi mengemudikan sepeda motor.
Saya pernah menulis tentang kejadian penjambretan beberapa tahun yang lalu. Walau kejadiannya tak sama persis, namun asal muasal perkaranya serupa. Selain penjambret yang beraksi, juga calon korban yang kurang awas pada bawaannya.
Kadang kejadian kriminal tak hanya terjadi dengan perencanaan yang matang. Tak jarang kejahatan muncul karena situasi dan kondisi yang memungkinkan. Contohnya penjambretan. Bisa jadi awalnya tidak ada niatan dari pelaku untuk menjambret. Tapi ada calon korban yang kata anak sekarang ‘jambretable’. ‘Mengundang’ untuk dijambret.
Seperti apa sih situasi dan kondisi yang ‘mengundang’ untuk dijambret? Contoh, memakai perhiasan yang berlebihan. Atau seperti kasus di atas, tas yang disampirkan di pundak sehingga mudah diambil penjambret, dan lain sebagainya.
Lalu, kita harus bagaimana?
Tentu saja lebih waspada, pun tidak menciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan orang berbuat jahat pada kita. Tas bisa disampirkan menyilang di dada sehingga sulit untuk dirampas, meletakkan tas ransel di dada (bukan di punggung) saat mengendarai sepeda motor, tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan dan mencolok dan lain-lain.
Waspada bukan berarti berburuk sangka. Tapi berjaga-jaga. Selain menjaga diri sendiri, juga menjaga kemungkinan tidak terjadinya tindakan kriminal oleh orang lain pada diri kita.
Semoga bisa menjadi manfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s