Anak atau Anak-anak?

image

Sebelum terlalu jauh, mari kita lihat arti dari masing-masing kata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Anak adalah 1 keturunan yang kedua: ini bukan — nya, melainkan cucunya; 2 manusia yang masih kecil: — itu baru berumur enam tahun; 3 binatang yang masih kecil: — ayam itu berciap-ciap mencari induknya; 4 pohon kecil yang tumbuh pada umbi atau rumpun tumbuh-tumbuhan yang besar: — pisang; 5 orang yang berasal dari atau dilahirkan di (suatu negeri, daerah, dsb): — Jakarta; — Medan; 6 orang yang termasuk dalam suatu golongan pekerjaan (keluarga dsb): — kapal; — komidi; 7 bagian yang kecil (pada suatu benda): — baju; 8 yg lebih kecil daripada yang lain: — bukit.

Anak-anak adalah 1 masih kecil (belum dewasa); 2 anak buah.

Dalam penggunaan sehari-hari, orang cenderung tidak membedakan dua kata tersebut. Tidak bisa disalahkan sebenarnya, karena ‘anak-anak’ adalah bagian dari ‘anak’ yang penjabarannya lebih detil. Bisa dilihat pada arti ‘anak’ bagian 2.
Padahal, ‘anak-anak’ bisa diartikan sebagai masa setelah bayi dan sebelum remaja. Sedangkan ‘anak’ lebih sering diartikan sebagai generasi kedua.
Kebiasaan memakai dua kata tersebut tanpa membedakan lebih detil, akan menjadi sulit kala kita menggunakannya untuk forum yang resmi dan atau dalam bentuk tulisan. Akan lebih terasa bedanya.

Contoh:
‘Kami anak Indonesia’.
Berarti, kalimat di atas bisa diucapkan oleh semua rakyat Indonesia, tanpa melihat umur, karena seorang kakek atau nenek pun sejatinya adalah seorang ‘anak’.
Mungkin akan lebih tepat jika kalimat di atas diubah menjadi ‘Kami anak-anak Indonesia’.

Bagaimana pendapat anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s