Sunting Menyunting

image

Bahasa kerennya ‘ngedit‘🙂
Mungkin ini sudah terlalu membosankan bagi yang suka menulis. Tapi menyunting atau mengedit tulisan kita sendiri hukumnya wajib. Bisa jadi sudah banyak yang memberikan tips tentang sunting menyunting, tapi saya ingin berbagi pengalaman di sini. Berikut detilnya:

1. Jangan pernah menyunting atau mengedit saat tulisan belum benar-benar selesai. JANGAN. Bila ini dilanggar, yang terjadi adalah tulisan kita tidak akan pernah selesai. Silakan coba kalau tidak percaya.

2. Setelah tulisan benar-benar selesai, ada baiknya tidak langsung disunting atau diedit. Endapkan dulu dalam beberapa saat, bisa hari atau bahkan minggu, tergantung panjang dan kompleksnya tulisan. Gunanya, mengistirahatkan pikiran dan perasaan kita setelah menulis. Setelah segar kembali, baru kita mulai proses menyunting.

3. Pastikan kita punya dasar atau acuan dalam menyunting. Seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia, aturan baku EYD, buku dan sumber yang menunjang tulisan kita, dll. 

4. Jika dirasa tidak sesuai, jangan ragu untuk menulis ulang. Misal, dalam tulisan fiksi, kita menulis cerita yang menguras emosi. Jika emosi yang diinginkan tidak terasa dalam tulisan, ada baiknya ditulis ulang, mungkin hanya di bagian tertentu, sampai emosi yang diinginkan muncul.

4. Proses menyunting atau mengedit bisa jadi adalah proses terpanjang dan terlama dalam menulis. Kita tidak hanya melakukannya sekali, tapi berkali-kali. Oleh karenanya, lakukan saat pikiran dan perasaan kita sedang baik dan segar.

5. Takut tidak obyektif? Mintalah bantuan pihak lain. Minimal untuk proofreading. Kadang ada detil yang terlewat oleh kita, kan? 

Bagaimana? Sudah siap menyunting tulisan?
Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s