Mood dan Musik

image

Saya pernah menulis tentang mood pun tentang musik. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang interaksi keduanya yang terjadi beberapa waktu lalu.
Kurang lebih dua bulan lalu, saya mengalami kesulitan dalam menulis. Saya sedang menulis cerita fiksi yang sedih ketika mood sedang gembira. Segala cara saya coba untuk membangun mood sedih. Mengingat kenangan-kenangan yang mengharukan, membaca cerita dan buku yang menyayat hati, menonton film yang menerbitkan air mata, dan entah apalagi yang lainnya. Hasil? Gagal total. Mood sedih itu sempat muncul sesaat, namun lenyap saat proses menulis baru dimulai.
Seorang teman menyarankan mendengarkan lagu sedih. Ide cemerlang. Saya mulai mengumpulkan lagu-lagu sedih, baik lokal maupun barat. Setelah terjaring, saya mulai ‘menjiwai’ lagu-lagu tersebut. Hasil? Gagal total. Bukan mood sedih yang muncul, ujung-ujungnya saya ikut bernyanyi seiring musik mengalun. 
Teman pengusul ide merevisi, cari lagu atau musik yang bahasanya tidak dikuasai, jangan bahasa Indonesia dan Inggris. Entah bagaimana, ingatan saya tertuju pada seorang keponakan penggila segala hal tentang Korea. Pendek cerita, sang keponakan memberikan daftar panjang lagu-lagu Korea yang (menurutnya) sedih.
Saya berusaha mendengarkannya satu persatu. Musik sebagai bahasa universal menunjukkan keajaibannya. Playlist berisi belasan lagu Korea (berasa) sedih mengisi ponsel. Saya tidak tahu dan berusaha tahu arti liriknya. Beat-nya pun tak melulu mellow, tapi sanggup membuat saya tergugu lama di depan layar monitor.
Tulisan saya selesai. Masalah teratasi. Mungkin kejadian ini juga pernah dialami orang lain. Dan bisa jadi, solusi ini juga bisa berhasil pada problem yang serupa.
Semoga bermanfaat🙂

3 thoughts on “Mood dan Musik

Tinggalkan Balasan

