Alergi

image

Alergi adalah kondisi saat kekebalan tubuh menjadi hipersensitif terhadap zat yang dianggapnya sebagai musuh.
Sedangkan zat-zat yang menyebabkan terjadinya alergi disebut alergen, seperti debu, obat, bulu, serbuk, hawa dingin, dll.
Tanda-tanda terjadinya alergi bisa bermacam-macam, umumnya berupa rasa panas, rasa nyeri atau rasa seperti terbakar, dll. Tanda umum yang lebih spesifik untuk alergi yang tergolong ringan seperti hidung berair, bersin-bersin, mata gatal, kulit gatal, kulit berbintik dan atau bengkak, dll. Sedangkan tanda yang lebih spesifik untuk alergi yang tergolong berat antara lain hilang kesadaran, sulit bernapas, sulit menelan, mual atau muntah, kulit sekujur badan bengkak dan memerah, dsb.
Penting untuk mengetahui tubuh kita alergi tehadap zat-zat tertentu. Tindakan preventifnya adalah dengan melakukan tes alergi di laboratorium medis. Hasil tesnya akan menjadi acuan kita agar menghindari alergen yang ‘bermusuhan’ dengan tubuh. Selain itu, kita juga perlu tahu tindakan spesifik yang harus dilakukan bila tanpa sengaja kita bersinggungan langsung dengan zat alergen, seperti menyediakan obat anti alergi yang sesuai, membuat daftar dokter, rumah sakit/klinik yang bisa dihubungi, pun membuat catatan yang sekiranya berguna bagi orang lain bila kita terserang alergi dan dalam keadaan membutuhkan pertolongan pihak lain.
Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s