Mood dan Buku

image

Beberapa hari yang lalu saya menulis tentang mood dan musik, berisi pengalaman saya menggunakan musik untuk membangun mood sedih. Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang membangun mood gembira dan bersemangat dengan menggunakan media buku.

image

Ini manga/komik lawas. Judulnya Princess Army. Terdiri atas 12 buku. Buku-buku ini selalu berhasil membuat saya bersemangat.
Bercerita tentang anak SMA bernama Corin Aida. Lahir dari keluarga pejudo. Ayah, ibu dan ke tiga kakak laki-lakinya adalah atlet judo. Pun demikian dengan Corin. Bakat olahraga beradrenalin ini mengalir deras di tubuhnya.
Lalu, apa istimewanya?
Bisa jadi cerita dalam buku-buku ini standar. Ada pertarungan, juga ada kisah asmara anak SMA. Tapi, semangat Corin yang tak kenal putus asa, sungguh mampu menampar saya.
Corin dikisahkan sangat berbakat. Namun, ia tak pernah lelah berlatih. Baginya, apalah arti bakat kalau tak pernah diasah setiap waktu. Practice makes perfect.
Bisa jadi kisah dalam buku-buku ini adalah fiksi. Namun pesan yang disampaikan sungguh bisa diejawantahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kadang, ketika seseorang ‘divonis’ memiliki bakat tertentu ataupun sudah mencapai level tinggi dalam penguasaan suatu skill, muncul kecenderungan meremehkan. Meremehkan tantangan, orang lain, keadaan, dll. Seolah lupa bahwa di atas langit masih ada langit. Seorang yang berbakat bisa dikalahkan oleh orang yang ‘hanya’ rajin berlatih. Orang yang memiliki kemampuan mumpuni, bisa kalah oleh ‘anak kemarin sore’ yang tekun mengasah diri.
Serial ini selalu sanggup ‘menampar’ kala saya dirundung malas, hilang semangat dan motivasi di banyak hal.
Ini ‘buku penyemangat’ saya.
Apa bukumu?

Tinggalkan Balasan

