Kebiasaan Menulis

image

Sebuah sumber menyebutkan, untuk membentuk suatu kebiasaan (baik ataupun buruk) dibutuhkan waktu 21 hari. Ini merujuk pada buku milik seorang ahli bedah plastik, Dr. Maxwell Maltz. Dr. Maltz mengamati pasien-pasien kasus amputasi yang membutuhkan waktu 21 hari untuk beradaptasi dengan kehilangan anggota tubuhnya. Hasil ini yang kemudian digeneralisasikan ke banyak kasus, bahwa manusia membutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu untuk membentuk sebuah kebiasaan baru. Tapi, benarkah demikian? Bukankah manusia adalah variabel yang paling tidak bisa diprediksi di dunia? Kita bisa memberikan satu stimulus yang sama pada beberapa orang, tapi kita akan mendapatkan reaksi yang berbeda dari masing-masingnya.
Sebuah penelitian dalam European Journal of Social Psychology milik Phillippa Lally dari University College London menyebutkan dibutuhkan waktu antara 3 minggu hingga 2 bulan bagi manusia untuk membentuk kebiasaan baru, tergantung kompleksitas perilaku yang ingin dibentuk.
Bagaimana dengan kebiasaan menulis?
Terlepas dari jenis tulisan, media, kompleksitas serta panjang tulisan, kebiasaan menulis tetap tidak bisa menafikan faktor pelakunya. Manusia.
Masing-masing memiliki perilaku menulisnya sendiri-sendiri. Ada yang senang menulis di pagi hari, ada yang malam sebelum tidur, ada juga yang bisa menulis setiap kali ide muncul. Ada yang menulis di tempat khusus, juga ada yang sanggup menulis ketika sedang terjebak kemacetan. Kembali pada para pelakunya, karena hanya mereka yang tahu.
Pun demikian dengan faktor tulisan. Ada yang menyukai tulisan fiksi, ada juga non fiksi. Ada yang suka berpanjang lebar, pun ada yang singat, padat namun tetap jelas. Sekali lagi, semua kembali pada faktor manusianya.
Masalah terakhir yang tak kalah penting adalah kemauan. Iya, kemauan. Apalah arti semua teori dan persiapan, jika tak ada kemauan. ‘Memaksa’ diri menulis minimal sekali setiap hari, butuh disiplin diri. Banyak yang berguguran membiasakan menulis setiap hari. Ada yang beralasan sibuk, lupa, malas, dll. Namun, ketika seseorang memiliki kemauan yang keras untuk membentuk kebiasaan menulis, semua jenis alasan di atas akan gugur sedemikian rupa.
Sekarang, tak peduli seseorang butuh waktu 3 minggu ataupun 2 bulan untuk memulai kebiasaan menulis. Yang ingin saya tanyakan hanya satu.
Sudahkah kita mempunyai kemauan yang kuat untuk membentuk kebiasaan menulis?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s